20 Gua terindah dan menakjubkan di dunia Eps.1

Featured Image

Sahabat Serba Ter yang budiman. Sebuah gua, adalah merupakan sebuah tempat berongga yang berada di dalam tanah. Pada umumnya sebuah gua berbentuk sebuah ruangan khusus yang cukup besar hingga manusia dapat masuk kedalamnya. Sebuah gua dapat terbentuk secara alami oleh pelapukan batuan hingga jauh menjorok ke dalam tanah, ataupun dapat pula dibentuk/dibuat oleh manusia dengan cara menggali tanah untuk keperluan persembunyian dan keperluan lainnya. Gua buatan manusia lebih sering/lazim disebut dengan Bunker (tempat perlindungan).
 
Gua-gua yang terbentuk secara alami menampilkan ke-eksotis-an dan keindahan yang sangat menakjubkan serta sangat menyatu dan serasi dengan alam di sekitarnya, berbeda dengan gua-gua bentukan/buatan manusia yang cederung kaku dan terkesan biasa-biasa saja.

Berbagai bentuk gua alami yang sangat indah banyak tersebar di seluruh penjuru dunia baik yang sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung/wisatawan (mengunjungi atau menjelajahi gua untuk rekreasi dapat disebut dengan caving, potholing, atau spelunking), maupun yang masih dalam penelitian/observasi para speleolog (speleologi adalah ilmu eksplorasi dan studi semua aspek gua serta lingkungan gua).
 
Sahabat Serba Ter, berikut ini tayangan tentang 20 Gua terindah dan menakjubkan di dunia Episode 1, dari berbagai belahan dunia :

Gua Antelope Canyon  (Arizona – AS)

Post Image

(Courtesy of www.darioendara.com)

Gua Antelope Canyon, terletak di dataran Navajo sebelah timur kota Page, Arizona, AS. Gua indah ini lebih merupakan sebuah celah ngarai memanjang yang memiliki dinding yang sangat indah dan artistik hasil bentukan alam di bagian bawahnya. Gua Antelope Canyon sangat digemari wisatawan terutama para fotografer karena keindahannya yang sangat memukau untuk di abadikan.


Gua Gong  (Indonesia)

Post Image

(Courtesy of www.eastjava.com)

Gua Gong, terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah barat-daya Kota Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Dinamakan gua Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Perjalanan menuju gua ini relatif mudah, dengan jalanan setapak yang sudah diperbaiki dengan baik. Gua gong diklaim sebagai Gua terindah di Asia Tenggara.


Gua Waitomo  (Selandia Baru)

Post Image

(Courtesy of www.placestoseeinyourlifetime.com)

Gua Waitomo, terletak di wilayah King Country bagian utara, North Island, Selandia Baru, 12 kilometer dari kota Te Kuiti. Gua Waitomo (Waitomo berasal dari bahasa Māori yang berarti air yang melewati lubang), memiliki keindahan yang tidak dapat diuraikan dengan kata-kata. Ribuan kerlap-kerlip cahaya alami yang sangat memukau menghiasi hampir seluruh dinding dan langit-langit gua hingga menciptakan keajaiban tersendiri.


Gua Sandy Glacier  (Oregon – AS)

Post Image

(Courtesy of s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Gua Sandy Glacier, terletak di Hood Mountain, Oregon, AS. Gua indah ini adalah sebuah gua gletser dalam es sepanjang 1.609 meter yang diklaim sebagai gua gletser terbesar di seluruh wilayah Amerika. Gua yang terbentuk dari peleburan glasial internal ini, akan terus mencair dan membuat rongga gua menjadi lebih besar yang pada akhirnya diperkirakan gua yang sangat indah ini akan benar-benar menghilang dalam kurun waktu 7 hingga 10 tahun setelah pencairan interior mencapai permukaan gletser.


Gua Batu  (Malaysia)

Post Image

(Courtesy of whenonearth.net)

Gua Batu, terletak di negara bagian Sabah, Malaysia yang mengacu pada sekelompok beberapa gua di tebing kapur yang curam di distrik Kinabatangan. Gua Batu merupakan salah satu situs arkeologi terindah yang dimiliki Malaysia.


Gua Hang Sơn Đoòng  (Vietnam)

Post Image

(Courtesy of i.telegraph.co.uk)

Gua Hang Sơn Đoòng, terletak di perbatasan Laos-Vietnam, tepatnya di Phong Nha-Ke Bang, Kabupaten Bo Trach, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Gua indah ini, terbentuk secara alami akibat gerusan air sungai yang sangat cepat pada dinding kapur Permian (Carboniferous) yang berada di bawah tanah.


Gua Kamchatka  (Rusia)

Post Image

(Courtesy of 1.bp.blogspot.com)

Gua Kamchatka, terletak di dekat gunung berapi Mutnovsky, Kamchatka krai, Rusia. Gua indah ini memiliki tumpukan salju yang besar dan tidak pernah mencair di bagian langit-langitnya hingga menimbulkan keindahan dan keunikan tersendiri dengan warna-warni yang sangat memukau.


Gua Fingal  (Skotlandia)

Post Image

(Courtesy of 66.media.tumblr.com)

Gua Fingal, terletak di pulau tak berpenghuni Staffa, Hebrides, Skotlandia. Gua indah ini merupakan sebuah gua laut yang dikenal dengan akustik alamnya dan menjadi terkenal melalui sebuah puisi epik tentang pahlawan Eponymous, karya penyair dan sejarawan Skotlandia terkenal pada abad ke 18, James Macpherson.


Gua Blue Lake  (Brazil)

Post Image

(Courtesy of www.lovethesepics.com)

Gua Blue Lake, terletak di Bonito, Mato Grosso do Sul, Brasil. Sejak tahun 1978, gua indah ini telah terdaftar sebagai kawasan yang dilindungi oleh IPHAN (Instituto do Patrimônio Histórico e Artístico Nacional), sebuah otoritas lokal Pemerintah Brazil, di bawah Departemen Kebudayaan yang bertanggung jawab untuk pelestarian aset bersih berwujud dan tidak berwujud milik negara.


Gua Reed Flute  (Cina)

Post Image

(Courtesy of blog.bidtotrip.com)

Gua Reed Flute, terletak di Guilin, Guangxi, China. Gua yang sangat indah ini adalah gua batu kapur alami dengan pencahayaan warna-warni dan telah menjadi salah satu objek wisata Guilin paling menarik selama lebih dari 1.200 tahun. Nama Reed Flute diambil dari jenis bambu yang tumbuh di luar gua yang dapat dibuat menjadi seruling yang merdu.


Gua Marble  (Chile – Argentina)

Post Image

(Courtesy of media.licdn.com)

Gua Marble, terletak di Patagonia yang secara resmi dimiliki bersama oleh 2(dua) negara yaitu, Danau General Carrera dari sisi negara Chili atau Danau Buenos Aires dari sisi negara Argentina. Gua indah yang terletak di tengah danau ini, merupakan gua Marmer dengan formasi geologi yang tidak biasa yang dibentuk oleh aksi gelombang selama 6.200 tahun terakhir.


Gua Carlsbad Caverns  (New Mexico – AS)

Post Image

(Courtesy of upload.wikimedia.org)

Gua Carlsbad Caverns, terletak di taman nasional Carlsbad Caverns National Park, Guadalupe Mountains, New Mexico, AS. Gua indah ini merupakan daya tarik utama dari taman nasional tersebut di mana pengunjung dapat mengunjungi gua melalui pintu masuk alam dengan cara mendaki gunung Guadalupe atau dengan menggunakan lift khusus.


Gua Old Mills  (Portugis)

Post Image

(Courtesy of portugalbycar.files.wordpress.com)

Gua Old Mills, terletak di negara Portugis. Gua indah ini merupakan gua alami yang memiliki sungai yang mengalir di dalamnya dengan berbagai jenis zona paragenetik fosil yang sangat menakjubkan.


Gua Demänovská  (Slovakia)

Post Image

(Courtesy of www.go2slovakia.eu)

Gua Demänovská atau yang lebih dikenal dengan gua Demänovská Ice Cave atau gua es Slovakia, terletak di Demänovská Valley (Low Tatra), Slovakia. Gua indah ini pertama kali ditemukan pada tahun 1299 dan merupakan salah satu gua tertua di Eropa dengan segala keindahan stalaktit dan stalagmitnya yang memukau.


Gua Katerloch  (Austria)

Post Image

(Courtesy of pixdaus.com)

Gua Katerloch, terletak dekat Grasslhöhle, Raabklamm (Raab Gorge) barat laut Weiz, Austria. Gua indah ini, memiliki keanehan dan keunikan yang sangat menakjubkan.


Gua Jeita Grotto  (Libanon)

Post Image

(Courtesy of upload.wikimedia.org)

Gua Jeita Grotto, terletak di lembah Nahr al-Kalb dalam lokalitas Jeita, 18 kilometer utara Beirut ibukota Libanon. Gua indah ini, meupakan gua kapur karst dengan sungai yang mengalir di dalamnya yang membentang sepanjang hampir 9 kilometer.


Gua Jenolan  (Australia)

Post Image

(Courtesy of upload.wikimedia.org)

Gua The Jenolan, adalah gua batu kapur yang terletak di dalam Jenolan Karst Conservation Reserve, di kawasan Central Tablelands, Blue Mountains, New South Wales, Australia.


Gua Saalfeld Fairy Grottoes  (Jerman)

Post Image

(Courtesy of www.my-entdecker.de)

Gua Saalfeld Peri Grottoes, adalah gugusan gua-gua dari bekas tambang di dekat Saalfeld, di negara bagian Thuringia, Jerman.


Gua Frasassi  (Italia)

Post Image

(Courtesy of static.thousandwonders.net)

Gua Frasassi, adalah sistem gua karst yang luar biasa yang terletak di kotamadya Genga, provinsi Ancona, Marche, Italia. Gua indah ini adalah salah satu gua paling terkenal di Italia.


Gua St. Michael  (Gibraltar)

Post Image

(Courtesy of i1.trekearth.com)

Gua St. Michael atau St. Michael’s Cave atau Old St. Michael’s Cave adalah nama yang diberikan untuk gua kapur yang indah dan terletak di dalam Upper Stone Nature Reserve di Wilayah Luar Negeri Inggris, Gibraltar.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.org

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

4 responses to "20 Gua terindah dan menakjubkan di dunia Eps.1" ▼

  • Iya yah bitiful amat. Tapi menurut aku mah gua pakar yang terindah soalnya pertama aku dapet kabogoh di sana hehehe….

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Hadeuh, mani asa kasindiran ku si-sakang lah. Abah ge malah keur honimun-na di gua pakar kang (hehehe) 🙂
      Ke atuh urang tambahan ku gua pakar nyah kang, orkes!!. Hatur tengyuh kang 😀

      Reply
  • Avatar Image
    Edi Rahmat

    Subhanallah sungguh sangat sempurna maha-karya ciptaan Allah SWT

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Walhamdulillah, terima kasih kang Edi. Salam sukses selalu 🙂

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.