15 Tempat di dunia yang masih terselubung misteri

Featured Image

Sahabat Serba Ter. Ternyata masih banyak tempat yang berbentuk monumen dan reruntuhan peninggalan masa lalu di beberapa lokasi di dunia yang masih penuh dengan misteri. Baik monumen dan reruntuhan buatan/bentukan alam, maupun buatan manusia, keberadaannya hingga kini masih terselubung misteri yang belum dapat terpecahkan oleh umat manusia.
 
Tidak ada satupun yang tahu persis bagaimana cara Stonehenge dibangun di masa lalu, bagaimana satu kesatuan monumen/bangunan megah buatan manusia, bisa berada di dasar laut secara utuh atau siapa yang ditugaskan untuk menulis/mengukir tulisan dalam 8 bahasa diatas permukaan batu granit raksasa seberat 20 ton yang tersusun rapih membentuk sebuah monumen megah di sebuah bukit terpencil di Georgia?, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang tidak pernah mendapatkan jawaban yang pasti.

Sangat sulit rasanya untuk menerima keberadaan mereka dengan logika/akal sehat manusia. Namun pada kenyataannya, mereka benar-benar ada di tengah-tengah kehidupan manusia, berdiri kokoh dengan megahnya, tanpa mempedulikan manusia yang tengah keheranan memandang dan memperhatikan keberadaan mereka dengan penuh takjub.
 
Sahabat Serba Ter, berikut ini tayangan tentang 15 Tempat di dunia yang masih terselubung misteri, dari sekian banyak tempat yang masih penuh dengan misteri di berbagai pelosok bumi ini, sebagai berikut :

Monumen Yonaguni  (Jepang)

Post Image

(Courtesy of coolinterestingstuff.com)

Monumen Yonaguni, adalah sebuah formasi batu yang terendam di lepas pantai Yonaguni, di selatan Kepulauan Ryukyu, Jepang. Seorang Profesor Emeritus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan (Science) pada Universitas Ryukyus yang bernama Masaaki Kimura, mengklaim bahwa formasi tersebut adalah buatan manusia yang dilakukan secara monolit. Klaim tersebut ternyata mendapat bantahan dari para ahli lainnya hingga terjadi perdebatan sengit tentang apakah situs tersebut benar-benar terbentuk secara alami?, atau situs alam yang telah dimodifikasi?, atau hanya sebuah artefak buatan manusia?. Hingga saat ini masih tetap misterius.


Reruntuhan patung-patung yang terendam di Alexandria  (Mesir)

Post Image

(Courtesy of www.pinterest.com)

Lokasi reruntuhan patung-patung ini terletak di lepas pantai Alexandria, kota Raja Maira, Alexander Yang Agung, Mesir, yang diyakini sebagai reruntuhan pemukiman kerajaan Cleopatra yang tenggelam akibat adanya gempa bumi lebih dari 1.500 tahun yang lalu, bersama dengan artefak, patung-patung dan bagian lain dari istana Cleopatra. Kota Alexandria berencana untuk menawarkan wisata bawah laut yang penuh misteri ini dan membuat sebuah museum bawah laut bagi pengunjung dan wisatawan sebagai salah satu pesona alam yang sangat menakjubkan di kota Alexandria.


Coral Castle  (AS)

Post Image

(Courtesy of www.ancient-origins.net)

Coral Castle (Taman Batu Koral), terletak di Homestead, Florida, AS. Coral Castle dibuat oleh seorang imigran asal Latvia, Ed Leedskalnin, untuk mengenang kepedihannya pada tunangannya yang telah menolak cintanya sesaat menjelang hari pernikahannya ketika ia masih di Latvia. Leedskalnin membangun sendiri Coral Castel yang dimulai pada tahun 1923 dan berlangsung terus selama hidupnya hingga saat ia meninggal dunia pada tahun 1954. Sulit untuk dibayangkan, bagaimana seorang Leedskalnin yang hanya berpendidikan dasar hingga kelas 4 tersebut, dapat membangun taman batu koralnya sendiri menggunakan batu koral yang rata-rata memiliki bobot beberapa ton?. Seorang insinyur mengklaim bahwa, yakin Albert Einstein pun tak dapat menjawabnya.


Carnac Stones  (Perancis)

Post Image

(Courtesy of simple-living-in-suffolk.co.uk)

Carnac Stones, adalah sekumpulan batu pra-sejarah yang diperkirakan berasal dari tahun 5400 SM. Batu-batu tersebut tersusun dan berbaris dengan rapih, lurus dan rapat sempurna yang melintasi desa Brenton di Carnac dan desa La Trinité-sur-Mer yang keduanya berada di Brittany, Perancis. Keberadaan batu-batu Carnac tersebut hingga kini masih terus menjadi bahan perdebatan dikalangan para ahli sejarah dan benda-benda purbakala. Berbagai kelompok saling meng-klaim bahwa pendapatnya-lah yang paling benar.


Great Zimbabwe  (Zimbabwe)

Post Image

(Courtesy of www.africazim-travel.com)

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Zimbabwe, negara Afrika modern saat ini, sebenarnya dinamai dari nama reruntuhan batu yang terdapat di hampir seluruh wilayah pedesaan di Afrika. Dan reruntuhan batu yang benama reruntuhan Great Zimbabwe yang terletak di Afrika Selatan, adalah yang tertua dan terbesar dari segi struktur. Reruntuhan Great Zimbabwe memiliki luas sekitar 1.800 hektar dan dibangun pada awal abad ke-11 serta hingga kini keberadaannya masih tetap terselubung misteri.


Borobudur  (Indonesia)

Post Image

(Courtesy of lonelyplanetimages.imgix.net)

Borobudur, adalah sebuah candi/kuil Buddha Mahayana yang dibangun pada abad ke-9 di kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Monumen ini terdiri dari tumpukan sembilan platform, persegi enam dan tiga lingkaran serta atap kubah utama. Candi ini dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 buah patung Buddha. Kubah utama dikelilingi oleh 72 patung Buddha yang masing-masing duduk di dalam stupa yang berlubang. Berbagai pendapat berbeda baik nasional maupun internasional mengenai keberadaan dan cara membangun monumen yang sangat besar dan menggunakan patahan batu gunung berbentuk empat persegi dengan dimensi dan berat yang besar tersebut, hanya dengan tenaga manusia?.


Baalbek  (Libanon)

Post Image

(Courtesy of www.livius.org)

Ternyata kuil-kuil besar yang pernah dibangun oleh kerajaan Romawi, tidah hanya terdapat di Yunani atau di Roma saja, melainkan salah satunya kuil yang berada di Baalbek, Libanon. Kuil yang megah ini, sebagian besar hancur di masa Kaisar Bizantium Theodorus. Kini hanya tersisa 6 dari 54 kolom yang masih berdiri dengan kokoh dan sangat indah. Tidak ada yang tahu secara pasti, apa dan bagaimana sebuah situs Romawi yang besar dan megah serta menggunakan banyak balok batu besar tersebut, bisa berada di Baalbek?.


Göbekli Tepe  (Turki – Suriah)

Post Image

(Courtesy of arkeolojihaber.net)

Göbekli Tepe, terletak di Turki bagian selatan dan di perbatasan Suriah bagian utara. Situs ini merupakan tiga lingkaran batu megalitik yang telah berusia beberapa ribu tahun dan lebih tua dari lingkaran batu yang dibangun di Stonehenge, Inggris. Anehnya, lingkaran batu kuno ini, dibangun oleh sekelompok pemburu, yang notabene tidak memiliki kemampuan untuk membangun sebuah lingkaran batu megalitik seperti situs Göbelki Tepe. Tiga lingkaran batu di Göbekli Tepe akhirnya sengaja dikubur untuk alasan yang tidak diketahui.


Georgia Guidestones  (AS)

Post Image

(Courtesy of cdn1.theeventchronicle.com)

Georgia Guidestones, adalah sebuah monumen yang merupakan salah satu monumen teraneh dan termisterius di dunia. Monumen ini terletak di sebuah bukit tandus di Elbert County, Georgia, AS, yang dibuat pada tahun 1980 dan bukan termasuk monumen dari zaman kuno. Georgia Guidestones, adalah susunan enam lempeng batu granit setinggi 5,9 meter dengan berat rata-rata 107.840 kg. Pada lempengan batu granit tersebut ditulis 10 pedoman pada struktur dalam 8 bahasa modern, dan pesan pendek yang tertulis di bagian atas struktur dalam empat script bahasa kuno Babilonia, Yunani Klasik, Sansekerta, dan hieroglif Mesir. Monummen ini dibuat oleh kelompok Anonim yang identitasnya masih terselubung misteri hingga saat in.


Easter Island  (Polinesia)

Post Image

(Courtesy of news.nationalgeographic.com)

Easter Island, adalah sebuah pulau Polinesia di tenggara Samudera Pasifik, yang terkenal dengan keberadaan patung-patung monumental yang disebut Moai dan diciptakan oleh orang-orang Rapanui. Patung-patung tersebut adalah bagian dari ritual penyembahan leluhur penduduk asli pulau Easter yang dibuat antara tahun 1250 hingga tahun 1500. Patung Moai terberat memiliki bobot seberat 86 ton, hal itu menggambarkan betapa besar prestasi orang-orang Rapanui yang telah menciptakan dan memindahkan mereka. Hampir setengah dari semua patung Moai yang tersisa masih di Rano Raraku, sisanya sebanyak ratusan telah dipindahkan ke sekeliling pulau.


Stonehenge  (Inggris)

Post Image

(Courtesy of www.english-heritage.org.uk)

Mungkin monumen paling terkenal di dunia adalah Stonehenge, yang terletak di Wiltshire, Inggris. Stonehenge adalah monumen prasejarah yang dibangun pada sekitar tahun 2500 SM dengan bentuk batu-batu besar berdiri dan berbaris melingkar. Berbagai teori dan spekulasi bermunculan terkait keberadaan Stonehenge, namun hingga saat ini, belum ada satu orang pun yang tahu apa maksud dan tujuan dari monumen prasejarah tersebut dan tetap menjadi salah satu misteri terbesar di muka bumi ini.


Cheesewring  (Inggris)

Post Image

(Courtesy of alewisdotnet.files.wordpress.com)

Cheesewring, adalah tumpukan lembaran batu granit di Cornwall, Inggris Raya, dan merupakan formasi geologi alami, singkapan lembaran batu granit yang dibentuk oleh pelapukan. Nama Cheesewring berasal dari kemiripan bentuk tumpukan lembaran Cheesewring, sebuah alat tekan yang sering digunakan untuk pembuatan keju. Cheesewring, tepatnya terletak di sisi timur Bodmin Moor di Stowe Hill di paroki Linkinhorne sekitar satu mil laut dari desa Minion dan 6 km dari utara Liskeard, Inggris.


Machu Picchu  (Peru)

Post Image

(Courtesy of cf.geekdo-images.com)

Machu Picchu, adalah sebuah kota yang paling terawat baik dari jaman kerajaan Inca pada abad ke-15 (1438-1472). Machu Piccu merupakan benteng Inca yang terletak di punggung bukit gunung dengan ketinggian 2.430 meter di atas permukaan laut, di Cusco Region, Provinsi Urubamba, Kabupaten Machupicchu, Peru. Machu Picchu, yang dibangun dengan gaya Inca klasik tersebut, tidak tersentuh oleh dunia luar selama berabad-abad sampai ditemukan oleh seorang arkeolog asal AS, Hiram Bingham pada tahun 1911.


Chavín de Huantar  (Peru)

Post Image

(Courtesy of aeronoticias.com.pe)

Meskipun tidak setenar reruntuhan Machu Picchu, reruntuhan Chavin de Huantar di Peru pun merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang menarik yang berisi reruntuhan dan artefak yang dibangun oleh Chavin, pada masa pra-budaya Inca, sekitar tahun 900 SM. Situs ini digunakan sebagai tempat berkumpul dan beribadah bagi orang-orang di daerah tersebut. Berbagai teori tentang hilangnya peradaban/budaya Chavin pun bermunculan, namun hingga sekarang masih tetap menjadi misteri yang masih terselubung.


Petra  (Yordania)

Post Image

(Courtesy of i1.wp.com)

Petra, yang pada awalnya dikenal sebagai Raqmu bagi Nabataeans (orang-orang Arab tak bertuan/nomaden), adalah sebuah kota bersejarah dan arkeologi di Yordania selatan. Kota ini terkenal karena arsitektur potongan batu dan sistem saluran airnya. Nama lain untuk Petra adalah kota Rose yang diambil dari warna batunya yang diukir. Kota ini diperkirakan didirikan pada awal tahun 312 SM sebagai ibu kota Nabataeans, yang menjadi simbol Yordania, serta daya tarik wisata yang paling banyak dikunjungi di Yordania. Petra telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1985.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.org

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

5 responses to "15 Tempat di dunia yang masih terselubung misteri" ▼

  • Avatar Image
    Andy Yusuf

    Selamat sore….saya mempunyai barang antik berupa Ikan Emas dan bersisik berlian. Sekedar informasi bahwa barang antik tersebut adalah hasil pengangkatan dengan cara spiritual. Jika berminat silahkan wa 08534994xxxx (nomor lengkap ada pada Admin).

    Reply
  • Avatar Image
    Muhammad Mukrim

    Borobudur (AS)…???
    masa sih om..??
    sejak kapan Borobudur di klaim AS..??

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Oke sob, terima kasih banyak atas koreksinya.

      Reply
  • tempat-tempat yang misterius..

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Terima kasih supportnya 🙂

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.