15 Penemuan dan pengembangan terspektakuler di abad 20

Image

Sahabat Serba Ter, Tidak diragukan lagi, bahwa abad ke 20 merupakan abad yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia, dimana terdapat lebih dari 100 penemuan yang sangat spektakuler termasuk pengembangan dari hasil penemuan-penemuan spektakuler lainnya di abad-abad sebelumnya.
 
Beberapa penemuan dan pengembangan di abad 20 mampu merubah dunia baik positif maupun negatif, seperti Tenaga Nuklir, Komputer, Internet dan lain-lain. Saat ini, dunia seakan menjadi sangat kecil melalui kemudahan dan keterbukaan teknologi komunikasi yang semakin canggih dengan jaringan yang tersebar hampir di seluruh pelosok dunia.
 
Penemuan-penemuan terspektakuler di abad 20 terus berlanjut melalui pengembangan/inovasi yang tiada henti dari para penemu maupun para pengembangnya. Terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya bagi para penemu, pengembang dan pengguna penemuan-penemuan maupun pengembangan-pengembangan abad 20 yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif demi meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dan semakin terciptanya perdamaian dunia.

Nah sahabat SerbaTer, berikut ini 15 Penemuan dan pengembangan dari sekian banyak penemuan dan pengembangan terspektakuler di abad 20, sebagai berikut dibawah ini :

Bakelite

Image

(Courtesy of fashion-stylist.net)

Bakelite atau polyoxybenzylmethylenglycolanhydride, adalah bahan dasar plastik (resin fenol formaldehid termoseting), yang terbentuk dari reaksi kondensasi fenol dengan formaldehida yang dikembangkan oleh kimiawan Belgia-Amerika Leo Baekeland di New York pada tahun 1907. Salah satu plastik pertama yang dibuat dari komponen sintetik, Bakelite digunakan untuk bahan/material yang bersifat nonconductif dan tahan panas, seperti isolator listrik, casing radio, telepon dan beragam produk lainnya seperti alat-alat dapur, perhiasan, pipa, mainan anak-anak dan bahkan senjata api. Bakelite ditetapkan sebagai National Historic Chemical Landmarks pada tanggal 9 November 1993 oleh American Chemical Society dan diakui sebagai plastik sintetis pertama di dunia.


Antibiotik

Image

(Courtesy of www.lkc.or.id)

Antibiotik, atau biasa disebut juga antibakteri, adalah obat jenis antimikroba yang digunakan dalam pengobatan dan pencegahan infeksi akibat bakteri. Antibiotik dapat menahan/menghambat pertumbuhan bakteri bahkan sampai membunuhnya. Antibiotik dalam dosis tertentu dapat memiliki aktivitas antiprotozoal. Pada tahun 1928, seorang ahli biologis asal Inggris, Sir Alexander Fleming menemukan penisilin yang merupakan senyawa kimia pertama yang bersifat antibiotik. Dengan ditemukannya antibiotik, angka kematian akibat infeksi bakteri pun menjadi sangat rendah.


Lemari Pendingin

Image

(Courtesy of upload.wikimedia.org)

Sesungguhnya teknik/cara pendinginan/pembekuan sudah ditemukan sejak abad 18 ketika seorang profesor asal Skotlandia, William Cullen untuk pertama-kalinya membuat sebuah mesin pendingin dengan cara yang sangat sederhana pada tahun 1755. Lalu dilanjutkan pengembangannya oleh para ahli kimia asal Inggris, Benjamin Franklin dan John Hadley pada tahun 1758 serta semakin disempurnakan oleh seorang ahli asal AS, Oliver Evans pada tahun 1805 dan oleh ilmuwan asal Inggris, Michael Faraday pada tahun 1820. Hingga pada akhirnya, lemari pendingin yang lebih simpel dan mudah dioperasikan, mulai dapat dinikmati oleh para penggunanya di dunia pada tahun 1913.


Televisi

Image

(Courtesy of upload.wikimedia.org)

Seperti halnya dengan penemuan Mesin Pendingin, penemuan televisi pun adalah merupakan karya dari banyak individu pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Individu-individu tersebut diantaranya adalah, seorang insinyur sekaligus inovator/pengembang asal Skotlandia, John Logie Baird (14 Agustus 1888 – 14 Juni 1946). Baird berhasil membuat sistem kerja televisi mekanik dan mengenalkannya kepada publik pada tanggal 26 Januari 1926. Individu berikutnya adalah seorang insinyur asal AS, Philo Taylor Farnsworth (19 Agustus 1906 – 11 Maret 1971) yang berhasil menemukan sistem audio visual televisi berwarna terlengkap pada tahun 1927. Farnsworth sangat besar kontribusinya terhadap dunia per-televisi-an hingga memudahkan pengembang-pemgembang berikutnya untuk terus berinovasi ke arah yang lebih sempurna seperti televisi-televisi pada saat ini.


Kalkulator elektronik

Post Image

(Courtesy of www.casio-calculator.com)

Kalkulator, merupakan sebuah perangkat elektronik kecil yang digunakan untuk melakukan dua sistem operasi dasar, yaitu operasi dasar aritmatika dan operasi dasar matematika yang kompleks. Pertama kalinya kalkulator elektronik solid state diciptakan pada 1960-an, hingga berhasil membangun sejarah pengembangan yang luas dari kalkulator-kalkulator sebelumnya, seperti sempoa (yang dikembangkan sekitar tahun 2000 SM), dan kalkulator mekanik (yang dikembangkan pada abad ke 17). Kalkulator elektronik berkembang secara bersamaan dengan komputer analog. Perangkat pintar berukuran saku ini diproduksi secara masal pada tahun 1970-an, terutama setelah mikroprosesor pertama dikembangkan oleh Intel untuk perusahaan kalkulator Jepang Busicom.


Tenaga Nuklir

Image

(Courtesy of www.jordancamera.com)

Dalam dekade pertama abad ke 20, llmu fisika berevolusi dengan perkembangan pemahaman tentang sifat atom. Pada tahun 1898, pasangan suami istri yang juga para ahli kimia dan fisika asal Perancis, Pierre dan Marie Curie menemukan bahwa dalam bijih uranium, terkandung zat yang mereka namakan radium-yang memancarkan radio-aktif dalam jumlah yang sangat besar dan mampu menghasilkan energi yang sangat besar pula. Uranium inilah yang kemudian menjadi bahan baku utama tenaga nuklir. Tenaga nuklir adalah penggunaan reaksi nuklir yang melepaskan energi nuklir untuk menghasilkan panas, seperti yang digunakan pada turbin uap untuk menghasilkan listrik pada pembangkit listrik tenaga nuklir. Hal negatif-nya, tenaga nuklir dapat dibuat menjadi senjata pemusnah masal yang sangat mengerikan yang dapat memusnahkan hidup dan kehidupan manusia di muka bumi ini.


Pesawat Terbang

Image

(Courtesy of i.ytimg.com)

Dua orang bersaudara asal AS, Wright bersaudara, Orville (19 Agustus 1871 – 30 Januari 1948) dan Wilbur (April 16, 1867 – 30 Mei 1912), adalah merupakan penemu dan pelopor pertama terciptanya pesawat terbang di dunia pada tanggal 17 Desember 1903. Mereka bahkan dengan sukses menerbangkan sendiri pesawat buatan/ciptaannya tersebut. Pada tahun 1904 hingga tahun 1905, Wright bersaudara kembali mengembangkan pesawat terbang ciptaan mereka dengan menggunakan sistem tenaga penggerak pada sayap tetap untuk yang pertama kalinya di dunia.


Satelit Buatan

Post Image

(Courtesy of www.harmoniccycle.com)

Satelit Buatan yang pertama di dunia, adalah Sputnik 1, satelit seberat 83,5 kg yang diluncurkan oleh Uni Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957. Sejak itu, ribuan satelit untuk berbagai keperluan telah diluncurkan ke orbit sekitar Bumi. Beberapa satelit, terutama stasiun ruang angkasa, telah diluncurkan dan beberapa bagiannya dirakit di orbit. Lebih dari 40 negara telah menggunakan Satelit Buatan yang telah diluncurkan oleh 10 negara yang memiliki kemampuan untuk meluncurkannya. Ada lebih dari seribu satelit yang saat ini aktif beroperasi dan ada ribuan satelit lainnya yang sudah tidak beroperasi yang tetap mengorbit bumi sebagai sampah ruang angkasa. Beberapa Satelit Buatan yang dilengkapi peralatan canggih untuk memantau planet-planet di gugusan tata-surya kita pun telah ditempatkan ke orbit Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Vesta, Eros, Ceres dan Matahari.


Laser

Post Image

(Courtesy of media.licdn.com)

Laser adalah perangkat yang memancarkan cahaya melalui proses amplifikasi optik didasarkan pada emisi terstimulasi dari radiasi elektromagnetik. Istilah Laser berasal sebagai akronim untuk Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation (amplifikasi cahaya oleh emisi terstimulasi dari radiasi). Laser untuk pertama kalinya dibuat pada tahun 1960 oleh Theodore H. Maiman di Hughes Research Laboratories, AS yang berdasar kepada teori Charles Hard Townes dan Arthur Leonard Schawlow. Laser dengan segala kelebihannya, banyak digunakan di dalam dunia kedokteran, kecantikan, industri dan juga dunia pertunjukan/hiburan.


Radio

Image

(Courtesy of upload.wikimedia.org)

Seorang penemu dan insinyur listrik asal Italia, Guglielmo Marconi (25 April 1874 – 20 Juli 1937) adalah orang pertama yang menemukan, mengembangkan dan melakukan komunikasi telegrafi jarak jauh secara nir/tanpa kabel dengan menyiarkan sinyal radio transatlantik pada tahun 1901. Melalui penemuannya tersebut, Marconi sering juga disebut sebagai penemu Radio. Pada tahun 1909, Marconi bersama dengan seorang ahli Radio lainnya, Karl Ferdinand Braun di anugrahi penghargaan Nobel di bidang Fisika dan pengakuan atas kontribusi mereka terhadap pengembangan telegrafi nirkabel. Berkat kontribusi merekalah penduduk dunia saat ini dapat menikmati adanya radio komunikasi, televisi, internet hingga ponsel/smartphone tercanggih yang sudah beredar luas hampir di seluruh pelosok dunia.


Kapal Selam

Image

(Courtesy of www.asc.com.au)

Kapal Selam bernavigasi untuk pertama kalinya dibuat oleh seorang ahli pengukuran dan kotrol, penemu serta pengembang asal Belanda, Cornelis Jacobszoon Drebbel pada tahun 1620. Kapal Selam tempur/perang pertama yang diberi nama H.L. Hunley (Horace Lawson Hunley) dibuat oleh seorang insinyur asal AS, James McClintock pada tahun 1863 dan digunakan pada perang sipil di AS tahun 1880. Pada abad 20 para pengembang dari berbagai negara maju terus mengembangkan Kapal Selam berteknologi canggih dan bertenaga nuklir hingga saat ini.


Otomobil

Image

(Courtesy of cache2.asset-cache.net)

Otomobil bertenaga uap untuk pertama kalinya diciptakan oleh seorang penemu asal Perancis, Nicolas-Joseph Cugnot (26 February 1725 – 2 October 1804) pada tahun 1768. Otomobil dengan sistem mesin pembakaran internal bertenaga hidrogen dengan pengapian listrik, untuk pertama kalinya diciptakan oleh seorang penemu asal Perancis, François Isaac de Rivaz (19 Desember 1752 – July 30 Juli 1828) pada tahun 1807. Dan Otomobil bertenaga bahan bakar bensin untuk pertama kalinya diciptakan oleh seorang desainer mesin dan automobil asal Jerman, Karl Benz (25 November 1844 – 4 April 1929) pada tahun 1886.


Roket

Image

(Courtesy of spaceflightnow.com)

Sesungguhnya Roket untuk pertama kalinya ditemukan dan digunakan oleh bangsa Cina lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Namun roket berbahan bakar cair dan bernavigasi untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang profesor fisika dan penemu asal AS, Robert Hutchings Goddard (5 Oktober 1882 – 10 Agustus 1945). Roket pertama yang dibuat dan berhasil diluncurkan Goddard terjadi pada tanggal 16 Maret 1926 yang kemudian menjadi titik awal era penerbangan ruang angkasa di dunia. Selama karirnya, antara tahun 1926 hingga 1941, Goddard bersama timnya berhasil meluncurkan sebanyak 34 roket yang dapat mencapai ketinggian hingga 2,6 km dengan kecepatan sebesar 885 km/jam.


Komputer

Image

(Courtesy of www.stichtingkeurmerkkwaliteitontwerper.com)

Komputer mekanis pertama, berhasil diciptakan oleh seorang ahli matematika, filsuf, penemu dan insinyur asal Inggris, Charles Babbage (26 Desember 1791 – 18 Oktober 1871) bersama seorang rekannya Ada Lovelace di awal abad ke 19. Penemuannya tentang Konsep Pemrograman Komputer menjadikan Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer oleh masyarakat dunia terutama di bidang Komputer. Mereka berhasil membuat desain komputer yang lebih kompleks di era-nya, hingga mereka dinyatakan sebagai unggulan oleh berbagai kalangan polymaths di abad-nya. Pada tahun 1945, seorang penemu, ahli komputer, fisikawan dan matematikawan keturunan Hungaria – AS, John von Neumann (28 Desember 1903 – 8 Februari 1957), berhasil mengembangkan dan menemukan sistem komputer digital elektronik dengan pengorganisasian komputer yang sangat sempurna dengan tetap menggunakan rancangan asli dari Babbage. Penemuan dan pengembangan Neumann tersebut diberi nama sebagai Arsitektur von Neumann. Sistem komputer temuan Von Neumann lah yang hingga kini digunakan dan dikembangkan di dunia.


Internet

Image

(Courtesy of www.oecd.org)

Internet, dimulai seiring berkembangnya komputer elektronik di tahun 1950-an. Konsep awal dari jaringan packet berasal beberapa laboratorium ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Departemen Pertahanan AS memberikan kontrak pada awal tahun 1960-an untuk sistem jaringan paket, termasuk pengembangan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang akan menjadi jaringan pertama yang menggunakan Internet Protocol. Pesan pertama dikirim melalui ARPANET dari laboratorium ilmu komputer Profesor Leonard Kleinrock di University of California, Los Angeles (UCLA) ke node jaringan kedua di Stanford Research Institute (SRI). Dan Sir Timothy John Berners-Lee (lahir bulan Juni 1955), seorang ilmuwan komputer asal Inggris dan dikenal sebagai penemu World Wide Web (WWW). Dia lah yang membuat program untuk sistem manajemen informasi pada bulan Maret 1989 dan ia pula orang pertama yang sukses menerapkan komunikasi antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) klien dan server melalui jaringan internet di pertengahan November 1989.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.org

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.