15 Hal terlarang di berbagai negara

Things Banned

Sahabat Serba Ter yang budiman, dalam usaha untuk melindungi warga negaranya dari akibat yang dianggap buruk/negatif yang ditimbulkan oleh adanya suatu hal yang dilakukan warga negaranya ataupun pihak lain, biasanya sebuah negara akan memberlakukan larangan terhadap hal-hal yang dianggap merugikan/membahayakan tersebut di wilayah hukum negaranya.
 
Pemberlakuan larangan tersebut bisa benar-benar murni bersifat aktual dan faktual dan bisa juga bersifat protektif dan politis untuk melindungi kelompoknya dari gangguan kelompok lawannya (oposisi).
 
Sahabat Serba Ter, berikut ini SerbaTer.Com menayangkan berapa hal dari sekian banyak hal yang paling dilarang dilakukan di beberapa negara yang dianggap paling populis dan menarik untuk disimak, sebagai berikut :

1. Permen karet (Singapura)

Permen karet

(Courtesy of si.wsj.net)

Negara Singapura memang terkenal memiliki segudang peraturan yang sangat ketat dengan sangsi hukum yang cukup berat seperti, larangan membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya), larangan berjalan-jalan di dalam/sekitar tempat tinggal, dalam keadaan telanjang bulat dan lain-lainya. Dan pada tahun 1992 pemerintah Singapura memberlakukan sebuah hukum yang cukup unik yaitu melarang siapapun untuk membawa, memiliki dan mengunyah permen karet di wilayah negaranya karena permen karet dianggap dapat digunakan untuk hal-hal yang membahayakan sesuai hukum yang berlaku. Hanya orang-orang pemegang resep dari dokter profesional yang direkomendasikan oleh pemerintah saja yang diperbolehkan memiliki dan mengunyah permen karet dengan nama yang sudah terdaftar untuk alasan kesehatan gigi dan gusi.


2. Power Rangers (Selandia Baru)

Power Rangers

(Courtesy of linearranger.com)

Pada tahun 1990-an, pemerintah Selandia Baru yang bersifat ultra liberal dan sangat protektif saat itu, memberlakukan larangan penayangan serial super hero, The Power Rangers yang cukup banyak digemari anak-anak di dunia ini. Hal tersebut dilakukan karena The Power Rangers dianggap tontonan yang terlalu keras bagi ukuran anak-anak. Namun pada akhirnya larangan tersebut dicabut pada tahun 2011.


3. Blue Jean (Korea Utara)

Blue Jean

(Courtesy of a.abcnews.go.com)

Korea Utara memberlakukan larangan terhadap keberadaan dan penggunaan Blue Jeans (Jean berwarna biru) di negaranya dengan alasan bahwa Blue Jeans dianggap sebagai simbol Kapitalisme dan Imperialisme Amerika. Namun tidak demikian halnya dengan jean berwarna selain biru (hitam, putih dan lain sebagainya), terbukti baru-baru ini pemerintah Korea Utara mengadakan kontrak produksi dan desainer ekspor jean dengan perusahaan jean dari negara Swedia.


4. Gaya Punk / Emo (Rusia)

Gaya Punk/Emo

(Courtesy of slodive.com)

Pada tahun 2008, Rusia memberlakukan larangan terhadap segala hal yang berbau Punk/Emo. Rusia menganggap dengan masuknya aliran musik, gaya berpenampilan dan budaya Punk/Emo ke masyarakatnya, mengakibatkan meningkatnya tingkat bunuh diri para remaja di Rusia hingga benar-benar dianggap sangat mengancam masa depan negaranya.


5. Aktris Claire Danes (Filipina)

Aktris Claire Danes

(Courtesy of zntent.com)

Claire Danes (35), adalah seorang aktris cantik yang dikenal karena perannya dalam film My Life So-Called dan Homeland. Pada tahun 1998 Danes melakukan shoting film yang berjudul Brokedown Palace in Manila. Usai shoting, ia melakukan wawancara dengan majalah Vogue dan mengatakan bahwa “Kota Manila sangat aneh dan mengerikan serta berbau kecoa, tikus dimana-mana… bla… bla… bla…“. Hal itulah yang membuat pemerintah Filipina dan kota Manila memberlakukan Danes sebagai Persona Non Grata dan semua film-filmnya dilarang diputar diseluruh wilayah Filipina.


6. Saus tomat (Perancis)

Saus tomat

(Courtesy of www.patrasevents.gr)

Mungkin kita sering mendengar bahwa beberapa macam makanan dilarang untuk dikonsumsi karena berbagai alasan seperti, daging babi dilarang di negara-negara Islam karena diharamkan atau makanan lain yang berpotensi membahayakan kesehatan. Namun, pada tahun 2011, pemerintah Perancis memberlakukan undang-undang yang dianggap unik tentang pembatasan mengkonsumsi Saus Tomat (Ketchup) hanya satu kali dalam seminggu dan digunakan hanya untuk kentang goreng (French fries) dengan alasan untuk melindungi budaya dan makanan Perancis dari pengaruh bumbu Amerika.


7. Joging (Burundi)

Joging

(Courtesy of c2.staticflickr.com)

Joging atau lari santai yang di sebagian besar negara di dunia sangat disarankan mengingat joging merupakan olah raga ringan, murah dan menyehatkan, justru dilarang dilakukan di negara Burundi (Afrika) karena dianggap sering digunakan oleh partai oposisi untuk melakukan propaganda partai serta untuk mengatur strategi pemberontakan. Joging hanya diperbolehkan bila dilakukan di dalam stadion dan dalam acara olah raga masal yang diselenggarakan oleh negara.


8. Potongan rambut ala Barat (Iran)

Potongan rambut ala Barat

(Courtesy of 4.bp.blogspot.com)

Belum diketahui secara pasti tentang larangan memotong rambut dengan gaya Barat di Iran, yang jelas pemerintah Iran melarang warganya menggunakan potongan rambut gaya Barat dengan bentuk rambut berdiri (mohawk, mullet), berkucir ekor kuda dan lain-lain model rambut yang bergaya kebarat-baratan.


9. Perayaan Valentine’s Day (Arab Saudi)

Perayaan Valentine's Day

(Courtesy of weknowyourdreams.com)

Arab Saudi secara tegas melarang perayaan Valentine Day di negaranya karena dianggap bertentangan dengan ajaran Islam. Selain menjadi hari libur non-Muslim, Valentine Day juga dianggap sebagai propaganda amoral tentang hubungan antara pria dan wanita pranikah.


10. Permainan Scrabble (Rumania)

Permainan Scrabble

(Courtesy of www.nrch.org.au)

Undang-undang mengenai larangan pemainan Scrabble di negara Rumania adalah produk hukum mantan pemimpin Rumania, Nicolae Ceausescu saat ia berkuasa dari tahun 1965 hingga 1989. Ceausescu yang dianggap salah satu diktator paling brutal di Eropa saat itu, menganggap permainan Scrabble terlalu intelektual dan dianggap melakukan kejahatan subversif hingga dapat membahayakan posisinya sebagai pemimpin tertinggi Rumania.


11. Video Games (Yunani)

Video Games

(Courtesy of cdn.segmentnext.com)

Yunani memberlakukan larangan penggunaan Video Game di negaranya dimaksudkan untuk menghapuskan perjudian termasuk perjudian dengan mesin elektronik yang diakibatkan oleh penggunaan Video Game. Namun setelah mendapat tekanan yang cukup keras dari Uni Eropa, larangan itu pun akhirnya diperlunak (berubah).


12. Ponsel / HP (Kuba)

Ponsel/HP

(Courtesy of www.josephmcconnell.com)

Larangan kepemilikan/penggunaan ponsel/HP di Kuba terjadi dan berlaku ketika rejim diktator Fidel Castro berkuasa, dimana hanya pejabat tinggi negara saja yang diperbolehkan memiliki dan menggunakannya.


13. Kantong plastik (Bangladesh)

Kantong plastik

(Courtesy of sandiegofreepress.org)

Bangladesh melakukan larangan penggunaan kantung plastik di negaranya terhitung sejak tahun 2002 menyusul setelah hal yang sama dilakukan di Perancis, Tanzania dan Meksiko.


14. Pengendara mobil wanita (Arab Saudi)

Pengendara mobil wanita

(Courtesy of ohmygodfacts.com)

Sebenarnya tidak ada peraturan tertulis mengenai larangan kaum wanita di Arab Saudi untuk mengendarai mobil, namun surat ijin mengemudi (SIM) tidak pernah diterbitkan pemerintah Arab Saudi bagi para pengendara mobil wanita.


15. Mengerutkan dahi / Cemberut (Italia)

Cemberut

(Courtesy of popbabble.files.wordpress.com)

Jika Anda ingin mengunjungi Milan, Italia, pastikan bibir anda untuk tetap tersenyum sepanjang waktu. Pemerintah Metropolis Italia telah memberlakukan larangan mengerutkan kening/dahi atau cemberut, kecuali saat menghadiri upacara pemakaman atau kunjungan ke rumah sakit. Bagi mereka yang berani melanggar peraturan ini, bisa dikenai sangsi denda.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.