15 Desa terindah di dunia

Image

Sahabat Serba Ter yang berbahagia, tidak hanya kota-kota besar saja yang dapat tampil indah, dan menarik, ternyata desa-desa pun dapat tampil dengan sangat cantik dan mempesona bahkan cenderung lebih menakjubkan mengingat keadaan alamnya yang masih natural, bangunan-bangunan tradisional yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi dan keramahan peduduknya yang alami semakin menambah kesan eksotis bagi wisatawan yang datang berkunjung.
 
Beberapa desa dari sekian banyak desa di dunia, memiliki keindahan yang sangat memukau padangan mata. Tidak hanya indah untuk dilihat namun juga nyaman untuk tinggal berlama-lama sambil menikmati keindahan alam yang masih asli dan hijau terawat.

Sahabat Serba Ter, berikut ini 15 Desa yang masuk dalam kategori desa paling indah di dunia hingga saat ini, sebagai berikut :

15. Alberobello – Italia

Alberobello

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Alberobello yang terletak di tenggara negara Italia ini memiliki bentuk bangunan pondok/rumah tradisional yang sangat unik, menarik dan memiliki nilai artistik yang tinggi. Pondok/rumah tradisional tersebut terbuat dari tumpukan batu dengan bentuk kerucut hingga ke atapnya. Bentuk bangunan seperti ini biasa disebut juga dengan Trullo.


14. Pariangan – Indonesia

Pariangan

(Courtesy of luxatic.com)

Menurut legenda, Gunung Marapi yang terletak di Indonesia bagian barat atau tepatnya di Sumatra barat adalah tempat pertama kali bangunan Minangkabau didirikan. Dan hingga kini, gunung berapi yang masih sangat aktif tersebut menghadap ke desa yang sangat indah, Pariangan di mana bangunan/rumah Minangkabau masih berdiri dengan megahnya. Desa yang indah ini memiliki serangkaian tempat tinggal tradisional yang terawat dengan baik, masjid tua yang besar dan megah serta dilindungi sebagai cagar budaya yang sangat bersejarah.


13. Savoca – Sisilia

Savoca

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Savoca terletak di dekat ujung timur Sisilia dan bertetangga dengan desa tujuan wisata populer, Taormina. Walaupun tidak lebih modis dari desa tetangganya, Savoca merupakan tempat yang sangat memikat dengan cara yang berbeda. Memiliki pesona khas Sisilia yang abadi yang tidak dimiliki desa lainnya hingga desa ini sempat dipakai untuk lokasi pembuatan sebuah film besar oleh Coppola yang berjudul The Godfather II. Bar Vitelli yang ditampilkan dalam film tersebut pun kini masih ada dan terbuka. Daya tarik lain dari desa ini adalah banyaknya gereja, bangunan dan rumah-rumah tua yang mengagumkan dan masih terawat dengan baik.


12. Göreme – Turki

Göreme

(Courtesy of luxatic.com)

Desa/kota kecil Göreme yang terletak di Central Anatolia, Turki ini, adalah merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi jika anda ingin melihat formasi bebatuan yang sangat menakjubkan dari dekat. Desa ini dibangun pada sekitar dua ribu tahun yang lalu dengan memanfaatkan bebatuan yang dibuat menjadi bangunan/rumah tinggal dengan dekorasi arsitektur tradisional yang sangat menakjubkan hingga desa ini terkesan bagaikan berada di dalam dunia dongeng peri dengan rumah dan cerobong asapnya yang indah.


11. Madison – Amerika Serikat

Madison

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Madison merupakan desa terindah di Amerika Serikat yang didirikan pada lebih dari dua abad yang lalu dan diberi nama Madison oleh Presiden Amerika saat itu, James Madison. Desa ini memiliki banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur masa sebelum perang saudara yang sangat mempesona dan terawat dengan baik. Menurut sejarah, pada saat perang saudara terjadi di Amerika, jendral Sherman melarang pasukannya untuk menggempur desa Madison karena terlalu indah untuk dihancurkan.


10. Júzcar – Spanyol

Júzcar

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Júzcar terletak di Andalusia, Spanyol selatan. Pada awalnya, semua dinding bangunan/rumah di desa ini dicat dengan warna putih seperti bangunan/rumah lain pada umumnya. Namun pada tahun 2011, semua dinding bangunan/rumah dicat dengan warna biru muda sesuai warna tokoh kartun terkenal Smurf, dalam rangka merayakan pemutaran perdana film Smurf. Dan ketika Sony-Pictures akan mengembalikan warna cat dinding mereka kesemula, dengan tegas mereka menolaknya. Perubahan warna dinding tersebut membuat desa Júzcar semakin terlihat sangat indah dan cantik, baik dimata penduduknya maupun para turis yang datang berkunjung. Dan saat ini, Júzcar pun menjadi salah satu desa yang terindah didunia.


9. Reine – Norwegia

Reine

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Reine yang merupakan bagian dari kepulauan Lofoten di Norwegia utara, adalah salah satu tempat yang terindah yang berada di utara Lingkaran Arktik yang terkenal dengan cuacanya yang dingin. Namun anehnya cuaca di desa Reine justru cenderung lebih hangat, hingga sangat mengundang bagi para wisatawan datang berkunjung untuk menikmati/mengagumi keindahan alam dan lingkungan pedesaan yang sangat menakjubkan, atau untuk sekedar berolah-raga ringan seperti mendaki gunung dan mendayung dengan kayak sambil menikmati keindahan hamparan rumah-rumah kuno para nelayan.


8. Sidi Bou Said – Tunisia

SidiBouSaid

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Sidi Bou Said, terletak di utara ibukota Tunisia, Tunis, dan berada dengan megahnya di atas sebuah tebing yang menghadap ke Laut Tengah hingga sangat ideal/tepat untuk digunakan sebagai tempat wisata dengan pemandangan laut yang indah. Dengan ciri khas bangunan yang pada umumnya berbentuk kotak dengan paduan warna putih dan biru yang mencolok, membuat desa ini semakin terlihat benar-benar sangat indah dan elegan.


7. Wengen – Swiss

Wengen

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Wengen yang terletak di Swiss ini, merupakan salah satu desa yang terindah di Eropa. Desa Wengen mampu mendatangkan ribuan wisatawan setiap tahunnya, baik pada musim panas maupun pada musim dingin. Desa ini terletak di pegunungan Alpen yang tentu saja sangat cocok untuk berolah-raga ski. Hal-hal lain yang membuat semakin menarik adalah, desa ini benar-benar bebas kendaraan bermotor roda empat, hingga dapat meningkatkan kualitas udara, mengurangi tingkat kebisingan dan getaran kendaraan yang kesemuanya akan semakin menambah kenyamanan dan ketenangan penduduk dan para wisatawannya.


6. Shirakawa-go – Jepang

Shirakawa-go

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Shirakawa-go terletak di pulau Honshu, Jepang, yang membentang diantara gunung-gunung, daerah di mana sering mendapatkan hujan salju terberat di dunia. Oleh karena itu, penduduk setempat mengembangkan jenis bangunan/rumah khusus mereka yang dikenal sebagai Gassho-zukuri, yaitu bangunan/rumah yang dibangun dengan atap jerami tebal berbentuk segitiga agak curam yang bertujuan guna membelokkan/menurunkan salju yang berat pada saat musim salju tiba.


5. Burano – Venesia

Burano

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Burano, memiliki wilayah yang mencakup 4 pulau kecil di pantai Venetian, Venesia. Yang membuat desa ini berbeda dengan desa-desa lainnya di dunia adalah bangunan/rumah-rumahnya yang dicat dengan berbagai warna-warni yang menyala/terang yang dimaksudkan agar para nelayan dapat mengetahui rumah-rumah mereka ketika pulang melaut dalam keadaan berkabut. Dengan model/gaya bangunan/rumah warna-warni seperti itu, ternyata malah membuat desa Burano menjadi salah satu desa terindah di dunia.


4. Bibury – Inggris

Bibury

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Bibury yang telah berusia ribuan tahun ini terletak di barat Inggris dan merupakan salah satu tempat terindah di Inggris. Desa ini terkenal dengan bangunan/rumah-rumah yang terbuat dari batu Cotswold berwarna coklat madu. Berjalan-jalan di sepanjang bangunan/rumah dengan konstruksi yang menawan atau di sepanjang Sungai Coln yang mengalir melalui desa, serasa seakan-akan kita sedang berada di waktu ribuan tahun yang lalu.


3. Hallstatt – Austria

Hallstatt

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Hallstatt yang merupakan desa tepi danau ini, terletak di sebelah tenggara Salzburg tepat di jantung Austria. Tidak hanya keindahan alamnya yang memukau, namun juga juga memiliki latar belakang sejarah penambangan garamnya yang kaya hingga desa ini terkenal dengan memiliki nama Hallstatt dengan latar belakang budayanya yang sebagian besar sangat terkait erat dengan budaya Celtic kuno. Desa ini sekakan-akan merupakan replika seutuhnya dari sebuah desa dengan bangunan/rumah-rumah yang dibangun di Cina.


2. Oia – Yunani

Oia

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Oia, tepat berada di atas tebing Santorini, Yunani, yang tertata dengan rapih, indah dan menakjubkan. Desa indah yang dibangun langsung di atas lereng yang curam, memungkinkan warga dan wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari kaldera Santorini yang terkenal di dunia. Tatanan desa Oia didominasi oleh bangunan putih yang elegan dan berkilauan di bawah sinar matahari benar-benar menjadi ikon khas desa Oia.


1. Èze – Perancis

Èze

(Courtesy of luxatic.com)

Desa Èze, benar-benar merupakan sebuah desa yang terindah dan sangat menakjubkan. Desa ini terletak di sepanjang pantai selatan/riviera Perancis, dengan ketinggian 427 meter di atas permukaan laut dan menghadap pantai yang memiliki pemandangan laut Mediterania yang menakjubkan. Selain lokasinya yang strategis dan menawan, desa Èze juga memiliki pesona abad pertengahan dengan banyaknya bangunan yang dibuat berabad-abad yang lalu yang sangat terawat dengan baik.

Demikian, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

2 responses to "15 Desa terindah di dunia" ▼

  • Di Indonesia ada juga loh gan. namanya Wae Rebo. Harus lihat deh agan. Mantep banget

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Wow..!, betul-betul mantep Desa Wae Rebo (setelah membaca informasi lengkap dari situs mas Irfan 🙂 )
      Terima kasih informasi, kunjungan dan supportnya mas. Salam sukses selalu 🙂

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.