13 Mobil terkecil di dunia

MobilTerkecil

Sahabat Serba Ter yang berbahagia, pada umumnya orang akan merasa senang dan nyaman bila memiliki mobil dengan ukuran sedang atau bahkan besar. Namun ternyata ada pula sebagian orang yang memilih mobil lebih kecil untuk mereka miliki.
 
Selain lebih simpel, irit bahan bakar/energi dan lincah di jalan-jalan yang macet, mobil-mobil lebih kecil terkesan memiliki nilai karya seni yang kadang-kadang diproduksi dalam jumlah terbatas. Walaupun mobil-mobil kecil pada umumnya menggunakan baterai sebagai tenaga penggerak utamanya, namun mobil-mobil kecil masih tetap dapat menempuh jarak yang cukup jauh.
 
Berbagai merek dan tipe mobil paling kecil telah diproduksi dalam beberapa dekade terakhir ini.

Nah Sahabat Serba Ter, mobil apa sajakah dari ke 13 Mobil terkecil di dunia tersebut?, berikut ini tayangannya :

Fuldamobil

Fuldamobil

(Courtesy of www.autoviva.com)

Fuldamobil adalah seri mobil kecil buatan Jerman yang diproduksi oleh Elektromaschinenbau Fulda GmbH dari Fulda yang bekerjasama dengan Nordwestdeutscher Fahrzeugbau dari Wilhelmshaven pada tahun 1950 sampai dengan tahun 1969. Mobil yang dijuluki mobil balon ini didesain oleh Norbert Stevenson, seorang jurnalis freelance dan hanya diproduksi sebanyak 123 unit mobil saja.


Vespa 400

Vespa400

(Courtesy of www.italianways.com)

Vespa 400 diproduksi oleh Ateliers de construction de motocycles et d’automobiles (ACMA) di Fourchambault, Perancis dari tahun 1957 hingga tahun 1961 atas desain dari perusahaan Piagio, Italia. Dengan menggunakan mesin kecil 400cc dan berat kurang dari 408kg, mobil ini dijual dalam 2 versi yang berbeda yaitu Lusso dan Turismo.


Peel P50

PeelP50

(Courtesy of www.topgear.com)

Peel P50 diproduksi oleh perusahaan mobil Peel Engineering Company, Inggris pada tahun 1962 sampai dengan tahun 1965. Dan pada tahun 2010 mobil micro ini diproduksi ulang dengan perubahan pada mesin yang kini bertenaga motor listrik. Pada tahun itu pula mobil ini tercatat di Guinness Book of Records sebagai mobil terkecil yang pernah dibuat.


Myers Sparrow

MyersSparrow

(Courtesy of www.hybridcars.com)

Myers Sparrow diproduksi oleh sebuah perusahaan mobil kecil Myers Motors di Tallmadge, Ohio – Amerika. Mobil mungil ini bermesin motor listrik yang dibuat dalam 2 versi yaitu Coupe 1 pintu dan Hatchback 2 pintu dan hanya memuat 1 orang penumpang saja. Mobil ini sangat cocok untuk bermanuver di tengah kemacetan kota.


Smart Fortwo

SmartFortwo

(Courtesy of www.boldride.com/

Smart Fortwo diproduksi dan dipasarkan oleh divisi tenaga ahli perusahaan mobil Daimler AG, Jerman dan dirilis pada tahun 1998. Hingga saat ini, produksi mobil Smart Fortwo telah mencapai 1,7 juta unit yang tersebar di hampir seluruh penjuru dunia. Mobil ini memuat 2 penumpang dan memiliki 2 pintu plus 1 hatchback.


Buddy Cab

BuddyCab

(Courtesy of autochunk.com)

Buddy Cab, diproduksi oleh perusahaan Buddy Electric yang sebelumnya dikenal dengan nama Pure Mobility and Elbil Norge AS yang berlokasi di Økern, Oslo – Norwegia. Mobil ini menggunakan tenaga penggerak motor listrik yang telah diproduksi dan dipasarkan sebanyak kurang lebih 1.500 unit mobil hingga akhir Oktober 2013 yang lalu.


Commuter Cars Tango

CommuterCarsTango

(Courtesy of static.cargurus.com)

Commuter Cars Tango didesain dan diproduksi oleh perusahaan Commuter Cars, sebuah perusahaan America yang berlokasi di Spokane, Washington – Amerika. Mobil mini ini berbentuk ramping dan pipih dengan panjang kurang dari 275cm, bertenaga listrik dan dijual dengan harga sekitar 108 ribu dolar AS. Aktor George Clooney merupakan pembeli produk pertama mobil ini pada tanggal 9 Agustus 2005.


REVA G-Wiz

REVAG-Wiz

(Courtesy of onlytruecars.com)

REVAi yang juga dikenal di Inggris sebagai G-Wiz, diproduksi oleh perusahaan mobil India REVA Electric Car Company dari tahun 2001 sampai tahun 2012 dengan jumah produksi sebanyak 4.600 unit mobil. Mobil mungil ini memiliki 3 pintu termasuk Hatchback dengan panjang 260cm dan dapat mencapai kecepatan maksimum 40km/jam serta sudah dipasarkan di 26 negara.


Pasquali risciò

Pasqualirisciò

(Courtesy of www.ridemybike.org)

Pasquali risciò diproduksi oleh sebuah perusahaan traktor Pasquali Macchine Agricole Srl, Italia. Mobil mungil beroda tiga dan bertenaga listrik ini memiliki panjang hanya 219cm dan dapat memuat hanya 2 orang penumpang dengan kecepatan maksimum 40 hingga 50km/jam serta jangkauan jarak tempuh hingga 50km.


BMW Isetta

BMWIsetta

(Courtesy of www.flickr.com)

BMW Isetta merupakan mobil micro produk BMW yang dilisensikan untuk diproduksi di beberapa negara seperti Spanyol, Belgia, Perancis, Brazil, Jerman dan Inggris. Mobil ini memiliki 1 pintu yang terletak di bagian depan yang berbentuk seperti telur hingga merupakan ciri khasnya yang terkenal. BMW Isetta juga merupakan mobil kecil yang pertama diproduksi secara masal di tahun 1955 dan menjadi mobil dengan 1 silinder yang terbanyak dijual (161.728 unit).


Lumeneo SMERA

LumeneoSmera

(Courtesy of static.technologicvehicles.com)

Lumeneo SMERA merupakan mobil ultra kecil bertenaga listrik produksi Lumeneo yang memulai debutnya di 2008 Paris Motor Show, Perancis. Mobil mungil yang memiliki 2 kursi penumpang dengan panjang 250cm dan lebar 96cm ini merupakan kendaraan gabungan antara mobil dan skuter yang dapat mencapai kecepatan maksimum 110km/jam dengan jarak tempuh hingga 100km. Pemasaran yang kurang baik menyebabkan perusahaan Lumeneo dinyatakan bangkrut pada bulan November 2013.


Bolloré Bluecar

BolloréBluecar

(Courtesy of www.pluginamerica.org)

Bolloré Bluecar adalah mobil kecil bertenaga listrik yang memiliki 4 kursi penumpang dan 3 buah pintu yang dipasok oleh Bolloré. Mobil ini didesain dan diproduksi oleh Cecomp, Bairo – Italia dibawah kerjasama antara Bolloré dan Pininfarina dalam satu perusahaan yang bernama Vehicule Électriques Pininfarina Bolloré (VEPB). Mobil Bolloré Bluecar dapat mencapai kecepatan maksimum 130km/jam dengan jarak tempuh hingga 250km.


Ford Ka

FordKa

(Courtesy of static.classistatic.de)

Ford Ka adalah mobil perkotaan yang diproduksi oleh Ford Eropa dari sejak tahun 1996 hingga tahun 2008 untuk generasi pertamanya. Dan untuk generasi kedua yang dimulai tahun 2008 diproduksi oleh Fiat di Tychy, Polandia. Kedua generasi mobil ini memiliki tiga pintu termasuk hatchback dan memiliki body yang lebih kecil dari Mini Cooper yang sudah sangat terkenal itu. Bahkan beberapa kalangan menyebutkan mobil Kord Ka seperti mobil VW Beetle modern.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.com

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.