10 Terowongan kereta api terpanjang di dunia

Featured Image

Sahabat Serba Ter, seperti yang sudah kita ketahui, terowongan adalah sebuah lorong memanjang yang berada di dalam/bawah tanah atau air. Terowongan kereta api dibuat/dibangun dengan maksud untuk memperpendek jarak tempuh antara satu lokasi dengan lokasi lainnya ketika ditemui adanya suatu daerah yang tidak dapat dilalui secara langsung, seperti kepadatan kota, gunung, danau, laut dan lain-lain, kecuali dengan mengitarinya.
 
Kemajuan teknologi konstruksi terowongan modern yang semakin canggih, memungkinkan sebuah terowongan dapat dibuat dengan sangat panjang namun tetap aman dan nyaman ketika dilalui, berbeda dengan terowongan yang dibuat/dibangun dengan cara tradisional yang terkesan sempit, gelap dan menyeramkan.
 
Terowongan kereta api dengan sistem teknologi konstruksi modern, umumnya memiliki jarak yang sangat panjang hingga puluhan kilometer menembus gunung, membelah dasar laut/danau atau menerobos di bawah kepadatan kota.

Sahabat Serba Ter, inilah ke 10 Terowongan kereta api terpanjang di dunia tersebut, dimulai dari urutan ke 10 sebagai berikut :

10. Terowongan Taihang  (Cina)

Post Image

(Courtesy of 2.bp.blogspot.com)

Terowongan Taihang, adalah terowongan kereta api yang menembus gunung terpanjang ketiga di Cina, setelah terowongan New Guanjiao dan West Qinling. Terowongan ini merupakan terowongan dua jalur (double track) yang dibangun untuk memungkinkan jalur/rel kereta api cepat Shitai dapat menembus/membelah Pegunungan Taihang. Jalur bagian kiri memiliki panjang 27,839 km dan bagian kanan sepanjang 27,848 km. Terowongan ini selesai dibangun pada tanggal 22 Desember 2007. Jalur kereta api cepat Shitai menghubungkan Shijiazhuang, ibukota provinsi Hebei, dengan Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi dengan waktu tempuh hanya 1 jam, di mana sebelumnya memerlukan waktu tempuh 7 jam.


9. Terowongan West Qinling  (Cina)

Post Image

(Courtesy of www.therobbinscompany.com)

Terowongan West Qinling, adalah terowongan kereta api cepat Lanzhou Chongqing Railway yang melintasi Pegunungan Qinling, Cina. Terowongan yang memiliki panjang 28,236 km, dibangun dengan dua lubang (dual-bore) dan terletak di Kabupaten Wudu, Longnan City, Provinsi Gansu, China, ini adalah terowongan kereta api terpanjang kedua di Cina, setelah terowongan New Guanjiao yang juga berada di bawah satu konstruksi. Pembangunan terowongan ini dimulai pada bulan Agustus 2008 hingga Januari 2014, dengan metode ledakan dan pengeboran.


8. Terowongan Guadarrama  (Spanyol)

Post Image

(Courtesy of reviewsa2z.com)

Terowongan Guadarrama, adalah terowongan kereta api di sepanjang pengunungan Sierra de Guadarrama, Spanyol, yang digunakan sebagai rute jalur kereta api cepat Madrid-Valladolid oleh kereta api cepat AVE. Terowongan ini memiliki dua lubang/tabung, tabung barat memiliki panjang 28,407 km dan tabung timur 28,418 km, dan merupakan terowongan kereta api terpanjang di Spanyol yang dibuka pada bulan Desember 2007.


7. Terowongan New Guanjiao  (Cina)

Post Image

(Courtesy of 2.bp.blogspot.com)

Terowongan New Guanjiao, terletak di lajur 2 jalur kereta api Qinghai-Tibet yang menembus gunung Guanjiao, provinsi Qinghai, Cina. Terowongan yang dibangun dengan jalur ganda ini, memiliki panjang total 32,645 km dan merupakan terowongan kereta api terpanjang di Cina. Terowongan New Guanjiao dirancang untuk dua terowongan paralel single-track yang dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada April 2014, serta dibuka pada tanggal 28 Desember 2014.


6. Terowongan Koralm  (Austria)

Post Image

(Courtesy of isochrom.com)

Terowongan Koralm, adalah terowongan kereta api yang menembus pegunungan Koralpe, Austria. Terowongan Koralm, yang hingga sekarang masih berjalan pembangunannya dan diharapkan akan dapat beroperasi pada tahun 2022 ini, memiliki panjang 32,9 km, yang merupakan terowongan kereta api terpanjang di Austria. Terowongan ini berada pada kedalaman sekitar 1.250 meter di bawah tanah, dengan konstruksi dua terowongan secara paralel yang menghubungkan kota Graz dengan Klagenfurt.


5. Terowongan Lötschberg Base  (Swiss)

Post Image

(Courtesy of www.loetschberger.ch)

Terowongan Lötschberg Base, adalah terowongan kereta api sepanjang 34,57 km dan digunakan sebagai jalur kereta api BLS AG Lötschberg yang melintasi pengunungan Bernese Alps Swiss serta berada sekitar 400 meter di bawah terowongan Lötschberg yang telah ada. Terowongan yang menghubungkan distrik Frutigen, Berne, dan distrik Raron, Valais, Swiss ini, dibangun pada bulan April 2005 hingga tahun 2006 dan dioperasikan secara penuh pada bulan Desember 2007.


4. Terowongan Channel  (Inggris – Perancis)

Post Image

(Courtesy of eandt.theiet.org)

Terowongan Channel (Euro Tunnel), adalah terowongan kereta api cepat sepanjang 50,5 km yang menghubungkan Folkestone, Kent, di Inggris, dengan Coquelles, Pas -de-Calais, di Perancis, di bawah dasar Selat Inggris dan Selat Dover pada kedalaman titik terendah 75 meter (240 meter di bawah permukaan laut). Terowongan ini digunakan sebagai jalur kereta api cepat Eurostar yang dibangun pada akhir abad ke 19 dan digunakan pada tahun 1994. Namun mengingat terowongan ini banyak mengalami berbagai kendala dan masalah sejak pertama kali dibuka, maka akhirnya ditutup pada tahun 2002.


3. Terowongan Seikan  (Jepang)

Post Image

(Courtesy of www.unmissablejapan.com)

Terowongan Seikan, adalah terowongan kereta api yang memiliki panjang 53,85 km dengan dua posisi/keadaan lokasi. Posisi di bawah dasar laut dengan kedalaman 100 meter, sepanjang 23,3 km dan posisi di bawah permukaan laut sedalam 240 meter, sepanjang 30,55 km yang membelah Selat Tsugaru dan menghubungkan pulau Honsu dengan Pulau Hokkaido, Jepang. Terowongan ini dibuka pada tanggal 13 Maret 1988 dan merupakan terowongan kereta api bawah laut terpanjang dan terdalam kedua di dunia setelah Terowongan Gotthard Base.


2. Terowongan Brenner Base  (Austria – Italia)

Post Image

(Courtesy of www.baslerhofmann.ch)

Terowongan Brenner Base, adalah terowongan kereta api yang direncanakan memiliki panjang 55 km menembus pegunungan Alpen bagian timur (Brenner Pass) dan menghubungkan Innsbruck Hauptbahnhof di Austria dengan Franzensfeste (Fortezza) di Italia, sebagai pengganti jalur kereta api Brenner saat ini dan meningkatkan hubungan jalur kereta api antara North Tyrol dan South Tyrol dengan terowongan baru. Terowongan yang memerlukan biaya yang sangat besar ini merupakan proyek patungan antara Austria dan Italia dan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2025 dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dari 120 menit sebelumnya.


1. Terowongan Gotthard Base  (Swiss)

Post Image

(Courtesy of www.stuff.co.nz)

Terowongan Gotthard Base, adalah terowongan kereta api yang menembus pegunungan Alpen di Swiss, sepanjang 57,09 km dari rencana total panjang 151,84 km dan merupakan terowongan terpanjang dan terdalam di dunia. Terowongan Gotthard Base, terdiri dari dua terowongan single-track yang menghubungkan Erstfeld (Uri) dengan Bodio (Ticino) lewat di bawah Sedrun (Graubünden). Terowongan ini adalah bagian dari proyek AlpTransit, juga dikenal sebagai New Railway Link trough Alpen (NRLA), yang meliputi Lötschberg Base Tunnel antara kecamatan Bern dan Valais dan Ceneri Base Tunnel (masih dalam konstruksi yang dijadwalkan untuk dibuka pada akhir tahun 2020) ke selatan. Pembangunan konstruksi terowongan yang dimulai pada tahun 1996 hingga tahun 2011 dan menghabiskan biaya sebesar 10,3 milyar USD ini, rencananya akan dibuka secara operasional penuh pada bulan Desember 2016 yang akan datang.

(Courtesy of www.youtube.com)

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.org

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.