10 Tempat termisterius di dunia

MysteriousPlaces

Sahabat Serba Ter yang budiman. Berbagai tempat misterius banyak terdapat di muka bumi ini. Baik ke-misterius-annya yang telah terpecahkan maupun yang hingga kini tetap misterius.
 
Berbagai tempat termisterius tersebut kadang menimbulkan berbagai pendapat yang berbeda di kalangan masyarakat dari mulai pendapat yang bersifat mistis, fiktif dan tidak masuk akal hingga adanya kepastian pendapat hasil penelitian ilmiah yang dilakukan para ahli di bidangnya masing-masing.
 
Sahabat Serba Ter, berikut ini rangkuman beberapa tempat yang dianggap termisterius di dunia yang dirangkum dalam 10 Tempat termisterius di dunia, sebagai berikut :

Bermuda Triangle(Samudera Atlantik)

Bermuda Triangle

(Courtesy of www.conservationinstitute.org)

Bermuda Triangle (Segitiga Bermuda), yang juga dikenal sebagai Segitiga Setan terletak di Samudra Atlantik antara Miami, Bermuda dan San Juan. Selama bertahun-tahun berbagai kejadian yang sangat misterius telah terjadi di daerah ini seperti, hilangnya sejumlah pesawat terbang dan kapal laut secara misterius. Namun Angkatan Laut AS tidak pernah mengakui adanya daerah yang diberi nama Segitiga Bermuda ini, bahkan nama tersebut sama sekali tidak terdapat dalam daftar nama-nama Geographic mengingat bukti yang terdokumentasi selama ini menunjukkan persentase yang signifikan dari setiap kejadian semuanya palsu, tidak akurat dan selalu dibumbui dengan hal-hal mistis oleh para penulisnya.


Underwater City in Shicheng(Cina)

Underwater City

(Courtesy of 2.bp.blogspot.com)

Underwater City (Kota Bawah Air) di Shicheng (Kota Singa) terletak di provinsi Zhejiang di Cina timur. Tempat ini merupakan sebuah kota yang luar biasa yang berdiri sejak 1.341 tahun yang lalu dan terendam pada tahun 1959 selama pelaksanaan pembangunan Hydropower Station Xin’an River oleh pemerintah Cina. Air melindungi kota dari terjangan angin dan erosi hujan, sehingga tetap berada di bawah air dalam kondisi yang relatif terjaga dengan baik.


Fly Geyser(Amerika Serikat)

Fly Geyser

(Courtesy of i.imgur.com)

Fly Geyser (Semburan Geyser) yang terletak di Gurun Nevada, AS ini adalah kumpulan tiga gundukan besar berwarna-warni yang terus menerus menyemburkan air panas ke udara setinggi 1,5 meter. Ketika air panas disemburkan ke udara, mineral-mineral yang terkadung pada air panas mulai menumpuk dan perlahan-lahan mulai membentuk gundukan yang berwarna-warni dan semakin membesar seiring dengan waktu. Fly Geyser, juga merupakan salah satu tempat yang paling rahasia di dunia, karena lokasinya terletak di sebuah properti pribadi dan wisatawan atau pelancong tidak diperbolehkan masuk ke dalam tempat ini.


Caño Cristales(Kolumbia)

Caño Cristales

(Courtesy of www.colparques.net)

Caño Cristales (Pancaran Kristal) adalah sebuah sungai yang terletak di Serrenia de la Macerana, Kolumbia. Sungai ini mendapat sebutan sebagai The Most Beautiful River in The World (Sungai terindah di dunia). Pada bulan Desember hingga bulan Agustus tahun berikutnya, sungai ini terlihat seperti sungai-sungai pada umumnya, namun pada bulan September hingga bulan November bersamaan dengan masa transisi antara musim basah ke musim kering, terjadilah hal yang sungguh menakjubkan di mana sungai akan berubah warna menjadi susunan warna-warni merah, merah muda, biru, hijau dan kuning yang diakibatkan oleh berbagai flora unik yang tumbuh di dasar sungai.


Mount Roraima(Venezuela – Guyana – Brasil)

Mount Roraima

(Courtesy of www.hike-venezuela.com)

Mount Roraima (Gunung Roraima) berfungsi sebagai titik perbatasan dari tiga negara, Venezuela (85% dari wilayahnya), Guyana (10%) dan Brasil (5%). Gunung ini memiliki bentuk puncak yang tidak umum seperti pada gunung-gunung lainnya, di mana puncaknya merupakan sebuah dataran tinggi yang cukup luas/besar yaitu seluas 30.000 m2. Gunung ini juga termasuk dalam klasifikasi formasi geologi tertua di dunia dengan berbagai aneka ragam spesies flora dan fauna yang menakjubkan serta penuh dengan misteri.


Richat Structure(Mauritania)

Richat Structure

(Courtesy of lh3.googleusercontent.com)

Richat Structure (Struktur Richat) yang juga dikenal dengan nama The Eye of The Sahara (Mata Sahara) ini adalah merupakan fitur lingkaran geografis yang berbeda dan menonjol di gurun Sahara dengan lebar kira-kira 48,2 km. Fitur lingkaran ini tidak akan terlihat dengan jelas bila di lihat dari jarak dekat, namun bila dilihat dari udara dan bahkan dari luar angkasa, fitur lingkaran itu akan tampak dengan jelas dan sempurna. Hingga saat ini beberapa penelitian masih menganggap misteri pada fitur lingkaran di gurun Sahara tersebut mulai dari bentuk lingkaran yang sempurna hingga jarak yang sama antara cincin satu dengan yang lainnya.


Hashima Island(Jepang)

Hashima Island

(Courtesy of assets.bwbx.io)

Hashima Island (Pulau Hashima) terletak sekitar 15 km dari kota Nagasaki, di selatan Jepang. Pulau ini kerap disebut juga sebagai Gunkanjima atau Battleship Island (Pulau Kapal Perang) mengingat bentuknya yang mirip dengan sebuah kapal perang. Pulau ini merupakan tambang batu bara Jepang yang telah ditinggalkan sejak tahun 1900 setelah Jepang beralih menggunakan minyak bumi. Pulau ini kini benar-benar tidak berpenghuni hingga kadang disebut juga sebagai Ghost Island (Pulau Hantu).


Death Valley(California AS)

Death Valley

(Courtesy of feel-planet.com)

Death Valley (Kota Kematian) terletak di Negara Bagian California AS. Yang menjadi misteri di tempat ini adalah adanya fenomena unik yang sering terjadi yaitu fenomena geologi batu berlayar atau batu bergerak sepanjang dasar lembah tanpa campur tangan manusia atau hewan. Berbagai pendapat tentang fenomena tersebut sering bermunculan, seperti adanya pendapat bahwa batu-batu seberat kurang-lebih 317,5 kg tersebut bergerak oleh mahluk asing (alien), medan magnet dan bahkan hasil aktivitas paranormal atau ada pula yang bependapat itu semua hanya rekayasa seseorang untuk mendapatkan perhatian dunia. Namun akhirnya, pada bulan Agustus 2014, para ilmuwan telah mengidentifikasi penyebab batu bergerak tersebut melalui penerbitan timelapse sebuah rekaman video dari batu bergerak tersebut, di mana hasil video itu menunjukkan bahwa batu bergerak oleh kecepatan angin yang tinggi dalam aliran lembaran es yang tipis pada saat mencair.


Pripyat City(Ukraina)

Pripyat

(Courtesy of abandonedarea.com/ and http://www.worldfortravel.com)

Pripyat City (Kota Pripyat), terletak di perbatasan negara Ukraina dengan Belarusia. Kota yang sebelumnya berpenduduk hampir 50.000 jiwa itu benar-benar telah ditinggalkan semenjak terjadinya bencana nuklir Chernobyl di dekatnya pada tanggal 27 April 1986, sehari setelah bencana terjadi. Akibat radiasi yang ditimbulakn semenjak insiden itu akan berdampak hingga ribuan tahun ke depan. Pripyat didirikan pada tanggal 4 Februari 1970, sebagai kota nuklir kesembilan di Uni Soviet dan kini seakan berdiri dan membisu bagaikan kota hantu.


Teotihuacan City(Meksiko)

Teotihuacan

(Courtesy of mexdesc.impresionesaerea.netdna-cdn.com)

Sangat sedikit yang diketahui tentang orang-orang yang tinggal di kota Teotihuacan City (Kota Teotihuacan). Kota ini terletak sekitar 48 km timur laut Mexico City dan merupakan sebuah kota terbesar di belahan bumi barat sebelum tahun 1400-an setelah suku bangsa Maya dan Aztec menemukan dan kemudian menamakannya sebagai kota Teotihuacan (tempat dewa diciptakan). Kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987 dan merupakan situs arkeologi paling banyak dikunjungi di Meksiko.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.org

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

4 responses to "10 Tempat termisterius di dunia" ▼

  • Biasanya SEGI TIGA BERMUDA itu yang sangat ditakuti orang..ya kan Bang.

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Betul bang, kayaknya dianggap mempunyai kekuatan magis gitu (hehe). Thanks 🙂

      Reply
  • Richart structure itu buatan manusia apa buatan alam ?

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Secara ilmiah masih dianggap misteri, awalnya Nasa menafsirkan sebagai struktur dampak meteorit tingkat tinggi, namun akhirnya dianggap sekadar penyingkapan lapisan gurun secara simetris yang diakibatkan oleh erosi. Thanks 🙂

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.