10 Negara terkecil di dunia

10NegaraTerkecil

Sahabat Serba Ter yang tercinta. Bila kita mendengar kata Negara, biasanya terlintas dalam benak kita memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang besar. Bumi yang kita pijak ini memiliki lebih dari 200 negara, dan diantaranya terdapat beberapa negara kecil dengan luas wilayah tidak lebih dari 400km². Diantara negara-negara kecil tersebut ada yang hanya berupa sebuah pulau/kepulauan kecil dan terpencil dan ada pula yang berupa sebuah wilayah kecil ditengah-tengah sebuah negara besar.
 
Walaupun negara-negara kecil itu hanya memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang sedikit, namun pada umumnya mereka memiliki pendapatan per kapita (GNP) yang tinggi, mengingat rata-rata negara-negara kecil tersebut memiliki daerah-daerah wisata yang paling menarik didunia atau tempat-tempat yang paling nyaman bagi orang-orang elit dunia untuk bersantai-santai sambil menikmati berbagai keindahan/kesenangan sorga dunia. Pendapatan terbesar mereka pada umumnya diperoleh dari hasil bisnis bidang pariwisata dan hiburan berkelas internasional.

Sahabat Serba Ter, berikut ini SerbaTer akan mengulas secara umum 10 Negara paling kecil di dunia tersebut dimulai dari urutan ke 10 sesuai dengan luas wilayah yang mereka miliki, sebagai berikut :

10. Grenada(344km²)

Grenada

(Courtesy of www.overlanddiaries.com)

Negara Grenada merupakan sebuah negara kepulauan di Karibia dan biasa disebut juga sebagai Spice Island atau pulau lada, karena negara ini merupakan salah satu pemasok buah pala terbesar di dunia, selain bunga-bungaan dan tempat tujuan wisata yang sangat populer. Negara yang terletak di barat laut Trinidad dan Tobago ini pernah dijajah Perancis pada tahun 1639 hingga tahun 1763. Budaya dan bahasa Perancis sangat kuat melekat pada bahasa dan budaya bangsa Grenada. Peninggalan bangunan-bangunan bergaya arsitektur Perancis masih banyak ditemukan di negara ini dan olah raga Cricket (olah raga permainan bola dengan pemukul yang dimainkan secara berkelompok) merupakan olah raga yang sangat poluler di negara ini.


9. Malta(316km²)

Malta

(Courtesy of ichef-1.bbci.co.uk)

Negara Malta adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Laut Mediterania. 3 gugusan pulau utama yang membentuk Republik Malta adalah pulau Gozo, Comino, dan Malta sebagai pulau terbesar. Negara Malta memiliki populasi lebih dari 450.000 jiwa yang membuatnya menjadi salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia. Malta menjadi tempat tujuan wisata populer para wisatawan seluruh dunia yang datang untuk menikmati cuaca cerah, pantai yang menarik, tempat-tempat bersejarah menarik yang berusia lebih dari 7.000 tahun dan kehidupan malam yang sangat bergelora.


8. Maladewa(300km²)

Maldives

(Courtesy of www.asiantribune.com)

Negara Maladewa merupakan negara terkecil di Asia dalam hal luas wilayah dan populasinya serta terletak di samudra Hindia. Negara merupakan tujuan wisata populer bagi wisatawan mancanegara. Ada lebih dari 1.192 pulau karang di Maladewa, yang tersebar di lebih dari 90.000 km². Hal itu membuat Maladewa menjadi salah satu negara yang paling tersebar/terpencar di seluruh dunia. Negara ini pernah menjadi koloni beberapa negara besar Eropa seperti Portugis, Belanda, dan Inggris dan menjadi negara yang merdeka pada tahun 1965. Hari ini, Maladewa memiliki ekonomi pariwisata yang sangat baik berkat pantai pasir putih dengan air laut biru kristalnya yang sangat terkenal.


7. Saint Kitts dan Nevis(261km²)

SaintKittsdanNevis

(Courtesy of mr-stkitts.info)

Negara Saint Kitts dan Nevis merupakan sekumpulan pulau-pulau yang terletak di lautan Hindia Barat. 2 buah pulau berada di Karibia yang beberapa pulau pertamanya ditempati oleh orang-orang Eropa. Ekonomi negara ini tergantung pada dunia pariwisata, pertanian, dan industri manufaktur kecil. Beberapa pulaunya menyediakan tempat menyelam yang sangat fantastis dengan kehidupan/biota lautnya yang melimpah. Menjadi negara utama pengekspor gula selama berabad-abad. perkebunan-perkebunan besarnya yang indah kini telah berubah menjadi perumahan, hotel dan resort mewah.


6. Liechtenstein(160km²)

Liechtenstein

(Courtesy of www.worldtravelblog.co.uk)

Bahasa Jerman merupakan bahasa nasional negara Liechtenstein yang merupakan satu-satunya negara yang terletak di Pegunungan Alpen diantara negara Swiss dan Austria. Negara Liechtenstein adalah negara terkaya dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia dan tingkat pengangguran yang terendah yaitu sekitar 1,5%. Untuk berkunjung ke negara ini, para wisatawan akan sedikit mengalami kesulitan mengingat negara ini tidak mempunyai bandara. Para wisatawan harus melalui Zurich-Swiss untuk sampai ke negara yang masih diperintah oleh seorang pangeran ini.


5. San Marino(61km²)

SanMarino

(Courtesy of wallpaperscraft.com)

Negara San Marino sepenuhnya terletak di dalam negara Italia, San Marino dikenal juga sebagai Most Serene Republic of San Marino. Negara ini meng-klaim dirinya sebagai negara berdaulat yang tertua di dunia. Negara ini pun merupakan salah satu negara yang tertinggi pedapatan per kapitanya dan merukapan negara terkecil ke 3 di Eropa dengan populasi hanya 30.000 jiwa yang membuat negara ini menjadi salah satu negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia.


4. Tuvalu(26km²)

Tuvalu

(Courtesy of www.toptenfamous.com)

Negara Tuvalu sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice yang terletak di Samudra Pasifik sebelah barat benua Australia. Penduduknya hanya sekitar 10.000 jiwa dan hanya memiliki jalan sepanjang 8km serta hanya ada 1 rumah sakit di pulau utama. Negara ini pernah menjadi wilayah Inggris dan merdeka pada tahun 1978. Selain pantai, tidak terdapat tempat-tempat wisata lainnya. Dunia pariwisata tidak menjadi pemasukan negara yang signifikan di negara ini. Pada tahun 2010 hanya ada kurang dari 2.000 wisatawan yang datang dimana 65%-nya hanya datang untuk berbisnis.


3. Nauru(21km²)

Nauru

(Courtesy of farm1.static.flickr.com)

Negara Nauru merupakan sebuah negara pulau yang terletak di sebelah timur benua Australia dan merupakan negara pulau yang terkecil di dunia. Pada tahun 1980, negara ini pernah mengalami masa keemasan di dunia pertambangan fosfat. Dan setelah sumber daya fosfat habis, pengangguran pun meningkat total hingga 90% dan 10% sisanya bekerja pada instansi pemerintahan. negara ini kini merupakan sebuah pulau tenang yang sepi dari wisatawan. Padahal sebelumnya, negara ini dikenal sebagai pulau yang sangat menyenangkan. Negara Nauru dikenal juga sebagai negara dengan penduduknya yang tergemuk di dunia dengan tingkat obesitas 97% pada pria dan 93% pada wanita. Karena itu, negara ini pun memiliki penderita diabetes tipe 2 tertinggi di dunia (sebanyak 40% penduduknya sebagai penderita).


2. Monako(2km²)

Monaco

(Courtesy of www.lifefoc.com)

Negara Monako terletak di Riviera-Perancis. Monaco merupakan tempat terbaik dan ternyaman bagi sebagian besar jutawan dan miliarder di dunia melalui tempat-tempat perjudian yang sangat mewah hingga Monako sering disebut sebagai taman bermain favorit bagi orang-orang kaya dan terkenal. Negara ini berbatasan langsung dengan negara Perancis pada 3 sisi dan satu sisi dengan Laut Mediterania. Warga Monaco sebagian besar berbahasa Perancis. Dengan populasi lebih dari 36.000 jiwa, Monako merupakan salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia. Acara tahunan yang paling populer adalah balapan mobil Formula 1 dengan trek yang melewati jalan-jalan di tengah kota.


1. Vatican(0,44km²)

Vatican

(Courtesy of romeinfo.files.wordpress.com)

Dan inilah negara terkecil di dunia, Vatikan. Negara ini dikenal juga sebagai Tahta Suci umat Nasrani. Negara ini berada pas di dalam ibukota Italia, Roma dan merupakan pusat Gereja Katolik dunia dengan keberadaan gereja Basilika Santo Petrus yang merupakan gereja terbesar di dunia. Vatikan menyimpan beberapa karya seni yang paling signifikan dari pelukis dunia, Renaissance seperti The Pieta dan Penciptaan Adam. Pendapatan negara ini berasal dari sumbangan sukarela dari lebih 1 milyar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia dan selebihnya berasal dari penjualan perangko, kenang-kenangan wisata/suvenir dan biaya masuk ke dalam museum.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.