10 Kota terbersih di dunia 2015

Kota Terbersih

Sahabat Serba Ter yang budiman, tinggal di sebuah kota yang bersih, indah, sehat, aman dan nyaman, merupakan harapan dan dambaan seluruh warga/penduduk planet bumi ini. Kota yang bersih cenderung akan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung yang pada akhirnya akan meningkatkan devisa baik untuk wilayah/daerah maupun pusat.
 
Bersih, memiliki makna yang relatif berbeda-beda disetiap daerah di dunia ini. Secara umum, biasanya bersih berarti sehat dan nyaman. Berbagai kota di dunia, telah mendapatkan predikat sebagai kota terbersih di dunia tahun 2015, melalui seleksi penilaian yang dilakukan oleh beberapa badan resmi dunia diantaranya, Mercer Global Financial. Mercer menggunakan 5 faktor kebersihan dalam malakukan penilaiannya yaitu, faktor ketersediaan dan kelayakan air minum, sistem pembuangan sampah, kualitas sistem pengolahan limbah, tingkat polusi udara dan kemacetan lalu-lintas.

Foto-foto yang ditayangan pada artikel ini secara spesifik dipilih dari foto lokasi/kawasan kota yang dianggap paling memiliki kecederungan menghasilkan kotoran/sampah yang tinggi seperti, kawasan pusat perbelanjaan/pertokoan, pusat penjajaan makanan, taman kota dan kawasan keramaian kota lainnya.
 
Nah Sahabat Serba Ter, inilah urutan 10 Kota paling bersih di dunia 2015, dimulai dari urutan ke 10 sebagai berikut:

10. Oslo – Norwegia

Oslo-Norwegia

(Courtesy of oslo-norway.ca)

Oslo adalah ibukota Norwegia dan merupakan kota terbersih ke 10 di dunia. Terletak di jantung Eropa, kota ini juga merupakan salah satu kota yang termahal di dunia. Oslo memiliki berbagai tempat lingkungan yang bersih dan sehat seperti situs kehidupan laut, taman-taman dan lanskap yang penuh dengan tanaman hijau yang sangat berkontribusi kepada udara kota yang bebas dari polusi. Pemerintah Norwegia memiliki kebijakan yang sangat ketat terhadap pengelolaan sampah. Oslo dijuluki sebagai kota terhijau di dunia oleh majalah Readers Digest pada tahun 2007.


9. Stockholm – Swedia

Stockholm-Swedia

(Courtesy of www.mydesignweek.eu)

Stockholm sebagai ibu kota Swedia merupakan kota terbersih di negara Swedia serta kota terbersih ke 9 di dunia tahun 2015 ini. Alasan utama mengapa Stockholm memiliki lingkungan yang bersih?, itu semua disebabkan oleh sistem transportasi yang sangat baik dengan sedikit jumlah kawasan industri. Sistem transportasi untuk umum sangat efisien sehingga masyarakat lebih memilih untuk menggunakannya fasilitas kendaraan umum ketimbang kendaraan sendiri, yang pada gilirannya akan mengurangi penggunaan bahan bakar dan memberikan suasana yang lebih baik. Stockholm juga memiliki sistem pengelolaan limbah yang terbaik. Sampah dikumpulkan dari pemukiman penduduk dan dibawa melalui jaringan terowongan bawah tanah ke pembuangan akhir. Menurut sebuah studi, Swedia berhasil mendaur-ulang 99% dari limbah yang ada di negaranya dan hanya 1% saja yang dikubur/ditimbun.


8. Wina – Austria

Wina-Austria

(Courtesy of i.ytimg.com)

Wina yang merupakan ibu kota negara Austria, dikenal juga sebagai kota terbaik di dunia untuk tempat tinggal karena memiliki lingkungan yang bersih dan tingkat polusi yang rendah. Wina memiliki sistem yang efisien dalam menghasilkan energi dari limbah, sistem transportasi umum yang baik hingga dapat mengurangi tingkat polusi dan penduduk yang sangat peduli untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan populasi sekitar 1,8 juta jiwa, Wina termasuk salah satu kota terbersih di dunia di tahun 2015 ini.


7. Kobe – Jepang

Kobe-Jepang

(Courtesy of www.japan-guide.com)

Negara Jepang telah memiliki kota-kota yang selalu masuk dalam kategori kota terbersih di dunia selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah Kobe, yang merupakan kota terbersih peringkat ke 7 di dunia. Jepang mengambil langkah-langkah yang sangat baik dan efisien dalam melindungi lingkungan alamnya mulai hari ini dan nanti. Ada kampanye yang secara teratur dijalankan untuk membangkitkan kesadaran warganya dalam menyelamatkan lingkungan hidup guna menurunkan tingkat polusi. Kobe pun memiliki salah satu sistem manajemen pembuangan limbah yang paling efisien di dunia.


6. Freiburg – Jerman

Freiburg-Jerman

(Courtesy of ais.badische-zeitung.de)

Freiburg sebagai salah satu kota di negara Jerman, dikenal juga sebagai Kota Kembang dan merupakan salah satu kota terhijau di dunia. Kota ini dipenuhi dengan pepohonan dan bukit-bukit yang tersebar di hampir seluruh wilayah kota. Baik pemerintah Freiburg maupun warga/penduduknya selalu bekerja-sama dan berusaha keras untuk menjaga kerapihan dan kebersihan kota. Dengan memiliki sejumlah kebun dan taman yang menambah keindahan alam kota, Freiburg merupakan salah satu kota terbersih di dunia 2015.


5. Singapura – Singapura

Singapura-Singapura

(Courtesy of www.traveljournals.net)

Selain mendapat predikat urutan ke 5 dalam 10 Kota terbersih di dunia, Singapura pun memiliki predikat kota terbersih di Asia. Pemerintah Singapura memiliki pedoman yang ketat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Siapapun tidak diperbolehkan menebang satu pohon pun tanpa ijin dari pemerintah. Hukum kebersihan di Singapura begitu ketat, sebagai contoh, membuang ludah ditempat-tempat umum saja sudah dapat dianggap suatu pelanggaran. Namun demikian kebijakan pemerintah dalam menerapkan sistem yang ketat mengenai kebersihan lingkungan, ternyata berdampak sangat efektif dan mendapat dukungan penuh dari warganya hingga Singapura selalu masuk dalam katagori kota terbersih di dunia selama bertahun-tahun.


4. Adelaide – Australia

Adelaide-Australia

(Courtesy of torontoist.com)

Suasana yang sangat bersih, indah dan rapih akan selalu ditemui di setiap jalan-jalan di kota Adelaide. Kota ini terletak di selatan Australia yang dikelilingi oleh teluk St. Vincent dan pegunungan yang semakin menambah keindahan alamnya. Di Adelaide, kendaraan yang mengeluarkan asap dilarang beroperasi. Terdapat sebuah taman di setiap beberapa meter jalan dan pengguna jalan sangat dilarang membuang apapun ke jalan. Dengan sistem pendidikan yang sangat maju, warga/penduduk Adelaide memiliki kesadaran yang lebih tinggi dalam menjaga kebersihan lingkungan kota dibanding warga/peduduk kota lainnya di dunia.


3. Luxemburg – Luxemburg

Luxemburg-Luxemburg

(Courtesy of 2.bp.blogspot.com)

Luxemburg yang terletak di Eropa Barat, adalah merupakan kota terbersih ke 3 di dunia pada tahun 2015 ini. Bahkan negara Luxemburg merupakan salah satu negara terbersih di dunia. Ada berbagai kastil dan hutan di kota Luxemburg, hingga kota ini pun mendapat julukan The Green Heart of Europe (Jantung Hijau-nya Eropa). Ada satu contoh peraturan yang dijalankan oleh pemerintah Luxemburg dalam menentukan besarnya pajak kendaraan pribadi warga/penduduknya yang dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah kota-kota lainnya di dunia, yaitu pajak kendaraan pribadi dihitung berdasarkan pada banyaknya jumlah kandungan/emisi karbon dioksida (CO2) gas buangnya.


2. Zurich – Swiss

Zurich-Swiss

(Courtesy of myitaliandreams.files.wordpress.com)

Zurich merupakan kota yang sangat bersih dan indah. Sebagai kota yang menjadi pusat pariwisata di Swiss, Zurich banyak menarik wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Walaupun kota ini memiliki begitu banyak intensitas dan warga/penduduk/wisatawan yang tinggal di kota, Zurich tetap mendapat predikat sebagai kota terbersih ke 2 di dunia. Sistem daur-ulang sampah di Swiss tidak hanya mengajarkan warga/penduduknya tentang bagaimana cara yang benar dalam mendaur ulang sampah, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara menggunakan produk-produk daur ulang tersebut secara lebih efisien dalam rangka mengurangi konsumsi energi di kota.


1. Calgary – Kanada

Calgary-Kanada

(Courtesy of 2.bp.blogspot.com)

Calgary yang terletak di Alberta, Kanada, telah berada pada peringkat ke 5 sebagai kota terbersih di dunia selama 7 tahun berturut-turut hingga akhirnya pada tahun 2015 ini berhasil meningkatkan posisinya pada peringkat ke 1. Dengan tingkat populasi lebih dari 1 juta jiwa, pemerintah kota Calgary mengambil langkah-langkah yang efisien untuk memastikan bahwa kotanya selalu dalam keadaan bersih dan rapih. Warga/penduduk Calgary mendapatkan pendidikan 5 prinsip dasar yang digunakan untuk membuat lingkungan lebih bersih dan sehat, yaitu sistem pembuangan kotoran yang berkualitas, sistem pengadaan air bersih yang layak minum dengan Ketersediaan yang mencukupi, sistem daur-ulang limbah yang sempurna, sistem pengurangan kemacetan lalu-lintas, dan sistem penanganan polusi udara yang baik. Dan ternyata melalui pelaksanaan 5 prinsip dasar tersebut dengan baik, dapat meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan kota warga/penduduknya hingga Calgary menjadi Kota terbersih ke 1 di dunia.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.