10 Kepala Negara dengan gaji terendah di dunia

KepalaNegaraGajiTerendah

Sahabat Serba Ter yang berbahagia. Ada beberapa Kepala Negara di dunia ini yang walaupun memiliki gaji yang tidak lebih besar dari pendapatan seorang pemilik super-market, namun banyak diantara mereka yang tetap bekerja dengan penuh dedikasi, loyalitas yang tinggi serta profesional dalam menjalankan tugasnya hingga menjadi suri tauladan yang baik bagi bangsa dan negara yang dipimpinnya.
 
Bahkan ada juga Kepala Negara yang memiliki gaji per tahun yang cukup besar, namun memiliki sifat ke-dermawan-an yang tinggi, seperti Presiden Uruguay, Jose Mujika yang menyumbangkan hampir 90% gaji per tahunnya (sekitar 144.000 dolar AS) untuk badan amal. Padahal sebenarnya gaji per tahun Mujika sebagai Presiden, masih lebih tinggi dibandingkan gaji per tahun Kepala Negara lainnya yang masuk ke dalam daftar urutan di bawah ini.

Sahabat Serba Ter, berikut ini daftar urutan 10 Kepala Negara dengan gaji paling endah di dunia, dimulai dari urutan ke 10 sebagai berikut :

Borut Pahor

10. Borut Pahor

Negara : Slovenia.
Gaji / tahun : 44.280 dolar AS.
GDP 2014 : 49.570 juta dolar AS.

Borut Pahor menjadi Presiden Slovenia sejak bulan Desember tahun 2012 yang lalu, setelah dalam pemilu mengalahkan calon Presiden inkamben Danilo Turk. Pahor berasal dari Partai Sosial Demokrat dan juga merupakan anggota Majelis Nasional Slovenia serta pernah menjabat sebagai ketua Majelis dari tahun 2000 sampai tahun 2004. Pada tahun 2004, Pahor menjadi anggota Parlemen Eropa. Pada tahun 2008, menjadi Perdana Menteri Slovenia setelah partainya memenangkan pemilu parlemen. Pada bulan Februari 2012, Pahor terpaksa mengundurkan diri karena kehilangan kepercayaan akibat krisis ekonomi yang terjadi di negaranya. Dan 10 bulan kemudian, ia memenangkan jabatan Presiden.


Federico Franco

9. Federico Franco

Negara : Paraguay.
Gaji / tahun : 40.000 dolar AS.
GDP 2014 : 30.220 juta dolar AS.

Federico Franco menjadi Presiden Paraguay sejak bulan Juni tahun 2012 yang lalu. Franco sebenarnya berprofesi sebagai seorang ahli bedah sebelum menjadi anggota dari Partai Radikal Otentik Liberal (Authentic Radical Liberal Party). Pada tahun 2008, Franco terpilih sebagai Wakil Presiden yang berpasangan dengan rekan satu partainya, Fernando Lugo sebagai Presiden. Namun pada tahun 2012, Presiden Lugo dimakzulkan oleh senat dan Franco pun naik jabatan sebagai Presiden menggantikan Lugo.


Xi Jinping

8. Xi Jinping

Negara : Republik Rakyat Cina.
Gaji / tahun : 39.720 dolar AS.
GDP 2014 : 10.356.508 juta dolar AS.

Xi Jinping menjadi Presiden Republik Rakyat Cina sejak tanggal 14 Maret tahun 2013 yang lalu. Sebelumnya Xi menjabat sebagai Sekretaris Jendral Partai Komunis di negaranya dan sebagai ketua Komisi Miltiter Pusat Cina selain juga anggota Komisi Politbiro. Xi Jinping pun pernah menjabat Gubernur Fujian dan Zhejiang sebelum ia di promosikan untuk memegang tampuk pimpinan pusat pada tahun 2007 hingga akhir nya Xi menjadi Presiden Negara RRC yang merupakan negara yang terluas dan terbanyak penduduknya di dunia.


Alexander Lukashenko

7. Alexander Lukashenko

Negara : Belarusia.
Gaji / tahun : 33.873 dolar AS.
GDP 2014 : 76.139 juta dolar AS.

Alexander Lukashenko menjadi Presiden Belarusia sejak bulan Juli tahun 1994 dan dianggap sebagai rezim diktator Eropa terakhir. Lukashenko mempertahankan sistem kontrol pemerintahan yang ketat atas industri penting di negaranya dan akan melawan tren privatisasi yang ditetapkan oleh republik-republik Soviet lainnya. Lukashenko merupakan mantan anggota Tentara Merah Soviet dan merupakan satu-satunya pejabat yang memberikan suara untuk kemerdekaan Belarusia dari bekas Uni Soviet disamping kritikan tentang catatan pelanggaran hak asasi manusia.


Pranab Mukherjee Kumar

6. Pranab Mukherjee Kumar

Negara : India.
Gaji / tahun : 32.216 dolar AS.
GDP 2014 : 2.051.228 juta dolar AS.

Pranab Mukherjee Kumar menjadi Presiden India sejak bulan Juli tahun 2012 dan telah menjadi bagian dari pemerintahanan India selama lebih dari 40 tahun. Mukherjee masuk ke dalam dunia politik berawal sebagai anggota dari Majelis India yang bernama Rajya Sabha, hingga kemudian menjadi salah satu asisten yang paling terpercaya dari Perdana Menteri Indira Gandhi. Ia menjabat beberapa posisi di kabinet dan pemimpin di parlemen. Dia sempat kehilangan kepercayaan dari Partai Kongres akibat terjadinya pembunuhan tehadap putra Indira Gandhi, Rajiv Gandhi. Namun pada akhirnya Mukherjee dapat menyelesaikan semua kemelut yang terjadi di partai-nya dan kemudian ia pun menjadi Menteri Keuangan sebelum akhirnya terpilih sebagai Presiden.


Marin Raykov Nikolov

5. Marin Raykov Nikolov

Negara : Bulgaria.
Gaji / tahun : 26.929 dolar AS.
GDP 2014 : 55.824 juta dolar AS.

Marin Raykov Nikolov menjadi Perdana Menteri Bulgaria sejak bulan Maret tahun 2013 yang lalu. Raykov mengambil alih jabatan Perdana Menteri Bulgaria dari Perdana Menteri sebelumnya, Boyko Borisov yang dituduh melakukan korupsi, pencucian uang, hal-hal yang berhubungan dengan kejahatan terorganisir, membatasi kebebasan pers, rasisme dan xenophobia. Standar hidup yang rendah dan tingginya biaya energi menyebabkan terjadinya protes nasional besar-besaran dan memaksa Boyko Borisov untuk lengser keprabon. Raykov pun kemudian mengambil alih kekuasaan Borisov sebagai Perdana Menteri sementara dan merangkap sebagai Menteri Luar Negeri yang pengangkatannya dilakukan oleh Presiden Bulgaria, Rosen Plevneliev. Sebelumnya Raykov pun pernah menjabat sebagai duta besar untuk negara Perancis.


Robert Mugabe

4. Robert Mugabe

Negara : Zimbabwe.
Gaji / tahun : 18.000 dolar AS.
GDP 2014 : 13.833 juta dolar AS.

Robert Mugabe menjadi Presiden Zimbabwe sejak bulan Desember tahun 1987. Mugabe tercatat sebagai pahlawan setelah berhasil memimpin pasukan gerilya dalam menumpas rezim penguasa Then-White Rulers dari Rhodesia dan mengambil alih kekuasaan pada tahun 1980 sebagai Perdana Menteri sebelum menjadi Presiden pada tahun 1987. Sayangnya, Mugabe pun terlibat dalam sejumlah kontroversi, khususnya penjarahan terhadap negara tetangganya Kongo dengan kedok membantu pemerintah Kongo yang terakhir. Program reformasi tanahnya ditandai dengan kekerasan dan ketidak-adilan saat ia berusaha mendistribusikan tanah selama negaranya menjadi koloni Inggris.


Hamid Karzai

3. Hamid Karzai

Negara : Afghanistan.
Gaji / tahun : 6.300 dolar AS.
GDP 2014 : 20.444 juta dolar AS.

Hamid Karzai menjadi Presiden Afghanistan sejak bulan Desember tahun 2001 ketika pasukan Amerika Serikat membantu menumpas rezim Taliban pasca 9/11 di negaranya yang terkurung daratan tersebut. Pada awalnnya Karzai dipilih sebagai Ketua pemerintahan sementara oleh tokoh-tokoh politik lainnya dalam konferensi internasional mengenai Afghanistan yang diselenggarakan di Jerman. Dan kemudian menjadi Presiden ad-interim setelah dilakukan pemungutan suara oleh Majelis Agung di tahun 2002. Pada tahun 2004, ia secara resmi menjadi pemenang pemilu Presiden dan terpilih kembali pada tahun 2009.


Mahmoud Ahmadinejad

2. Mahmoud Ahmadinejad

Negara : Iran.
Gaji / tahun : 3.000 dolar AS.
GDP 2014 : 416.490 juta dolar AS.

Mahmoud Ahmadinejad menjadi Presiden Iran sejak bulan Agustus tahun 2005. Ahmadinejad merupakan pemimpin dari koalisi kelompok konservatif di negaranya yang disebut Aliansi Pembangun Islam Iran. Ahmadinejad berprofesi sebagai seorang pengajar/guru dan mulai aktif dalam dunia politik setelah Revolusi Islam pada tahun 1979 ketika ia bergabung dengan Kantor Penguatan Persatuan. Setelah bertugas sebagai gubernur provinsi, ia kembali ke profesinya sebagai pengajar. Pada tahun 2003 ia kembali menjadi pusat perhatian setelah terpilih sebagai Walikota Teheran yang pada akhirnya menjadi Presiden pada tahun 2005 setelah memenangkan pemilu dengan hasil suara sebesar 62%. Ahmadinejad merupakan pengemban politik garis keras dan sikap konservatif. Dia selamat dari protes internal atas kebijakan ekonomi dan kecaman internasional atas sikap keras kepada lawan politiknya dalam memenangkan jabatan Presiden untuk yang kedua kalinya pada tahun 2009.


Paus Francis

1. Paus Francis

Negara : Vatikan.
Gaji / tahun : 0 dolar AS.
GDP 2014 : tidak terprediksi.

Paus Francis yang memiliki nama Jorge Mario Bergoglio, memegang pucuk kepemimpinan negara Vatikan sejak bulan Maret tahun 2013 yang lalu setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI. Walaupun Vatikan merupakan sebuah negara merdeka yang terkecil di dunia, namun pengaruh Paus jauh lebih besar karena ia juga menjabat sebagai Uskup Roma dan kepala Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Paus Francis lahir di Argentina, meskipun ia adalah keturunan bangsa Italia asli dan sangat terkenal karena gaya hidupnya yang sederhana dan hemat.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.
 
Sumber : en.wikipedia.org

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.