10 Fenomena alam terindah di dunia

10FenomenaAlam

Sahabat Serba Ter yang budiman. Berbagai femomena alam sudah terjadi sejak terciptanya bumi ini. Ada yang muncul hanya sesaat lalu menghilang kembali hingga hanya orang-orang yang secara kebetulan berada dalam ruang dan waktu yang sama dengan munculnya fenomena alam tersebut saja yang beruntung dapat melihatnya. Lain halnya dengan fenomena alam yang permanen yang dapat disaksikan oleh setiap orang kapan saja.
 
Fenomena alam merupakan keajaiban dari sebagian kecil kebesaran Tuhan. Pada umumnya, fenomena alam akan terlihat sangat indah dan menakjubkan walaupun dibalik semua itu ada kemungkinan beberapa resiko lain yang dapat membahayakan bila kita tidak hati-hati dan terlena saat menyaksikannya.

Ada ribuan, bahkan mungkin jutaan fenomena alam di dunia ini. Dan untuk mewakili semua itu, SerbaTer akan menayangkan 10 Fenomena alam paling indah di dunia yang paling sering dibicarakan diantara kita, sebagai berikut :

Glowing Waves Ocean (Samudera Hindia)

Glowing Waves Ocean

(Courtesy of bucultureshock.com)

Glowing Waves Ocean (Gelombang laut bercahaya biru) sudah dapat dilihat selama bertahun-tahun oleh mereka yang berlayar melintasi Samudera Hindia, tepatnya di daerah Vaadhoo, pulau Maladewa. Fenomena ini terlihat sangat ajaib dimana gelombang laut yang memecah akan berwarna biru menyala bagaikan gemerlapan ribuan lampu neon. Cahaya-cahaya biologi yang sangat indah tersebut adalah merupakan produksi mikroba laut yang disebut fitoplankton.


Spotted Lake (Kanada)

Spotted Lake

(Courtesy of strangesounds.org)

Spotted Lake (Danau tutul) adalah danau yang mengandung garam endorheic. Danau alkali ini berada di bagian timur wilayah Similkameen Loire. Fenomena alam ini terjadi akibat air danau yang menguap hingga membentuk lubang-lubang dimana setiap lubang memiliki warna yang berbeda karena berbagai macam mineral yang terkadung di dalamnya.


Zhangye Danxia Landform Geological Park (RRC)

Zhangye Danxia Landform

(Courtesy of nonikhairani.files.wordpress.com)

Zhangye Danxia Landform Geological Park (Lukisan Zhangye Danxia), tampak bagaikan sebuah maha-karya seni lukis yang sangat indah dan megah. Aneka warna yang sangat indah itu merupakan hasil sedimentasi tumpukan mineral dan batu pasir merah yang berkolaborasi dengan hujan dan angin hingga membentuk lembah, air terjun, menara, dan jurang yang sangat megah.


Catatumbo Lightning (Venezuela)

Catatumbo Lightning

(Courtesy of blog-imgs-69.fc2.com)

Catatumbo Lightning (Petir Catatumbo), merupakan fenomena alam akibat bertemunya sektor panas dan dingin pada sungai yang bermuara ke danau Maracaibo dalam waktu dan keadaan yang tepat dengan memancarnya gas metana di sekitar danau tersebut. Hal itu menyebabkan meningkatnya konduktivitas listrik dari awan dan menimbulkan petir yang banyak serta berulan-ulang hingga dapat bertahan selama 10 jam.


Crooked Forest (Polandia)

Crooked Forest

(Courtesy of cdn.earthporm.com)

Crooked Forest (Hutan pohon berkelok), merupakan fenomena alam yang menurut beberapa akhli adalah akibat tarikan gravitasi yang aneh dan ekstrim, namun, beberapa akhli lainnya menentang alasan itu dengan teori-teori mereka. Hutan yang memiliki pepohonan berkelok ini terdiri dari 400 pohon pinus yang ditanam sejak tahun 1930.


Red Rain (Kerala)

Red Rain

(Courtesy of pixgood.com)

Red Rain (Hujan berwarna merah) terjadi pada tanggal 25 Juli sampai 23 september 2001 di Kottayam dan Idukki, Kerala. Fenomena alam ini membuat terkejut dan pikiran yang bermacam-macam penduduk di selatan Kerala tersebut ketika mereka melihat iringan awan merah diatas langit yang kemudian menurunkan hujan yang berwarna merah darah secara sporadis. Hal itu pun kemudian memicu perdebatan sengit diantara mereka. Namun akhirnya mereda setelah para peneliti mengatakan bahwa hal itu merupakan partikel debu dari Gurun pasir di Arab atau ledakan bahan dari meteor atau juga dari letusan gunung berapi di Filipina. Dan fenomena hujan merah ini hanya terjadi sekali hingga saat ini.


Colorful Lakes (Indonesia)

Colorful Lakes

(Courtesy of indonesiad.com)

Colorful Lakes (Danau tiga warna), berada di puncak gunung kalimutu, Nusa Tenggara Timur – Indonesia. Fenomena alam ini merupakan tiga buah danau yang setiap danaunya memiliki warna yang berbeda. Hingga tahun tahun 2006 ketiga danau Kalimutu masing-masing berwarna merah, biru dan putih dan ajaibnya sejak saat itu warna air danau pun berubah yang hitam menjadi coklat, biru menjadi hijau dan puti menjadi hitam, sungguh suatu fenomena alam yang sangat indah dan menakjubkan.


Fallstreak Hole (Selandia Baru)

Fallstreak Hole

(Courtesy of s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Fallstreak Hole, adalah fenomena alam yang merupakan sebuah lubang besar berbentuk elips/oval pada gumpalan awan. Hal itu terjadi ketika suhu awan mencapai titik beku terendah sedangkan air tidak membeku karena terjadi proses peng-inti-an atom-atom es hingga berakibat kristal-kristal es membentuk efek domino yang membuat kristal-kristal es tersebut menjadi semakin berat yang pada akhirnya meninggalkan sebuah lubang yang sangat indah di awan.


Turquoise Ice – Laka Baikal (Serbia)

Turquoise Ice

(Courtesy of s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Turquoise Ice – Laka Baikal merupakan sebuah danau air tawar terbesar di dunia yang mengandung 20% air tawar bumi kita ini yang juga merupakan danau tertua yang berusia sekitar 25 juta tahun. Danau Baikal terkenal karena memiliki air yang terjernih di dunia, dan ketika danau membeku selama musim dingin, sebuah fenomena alam yang menakjubkan pun terjadi. Bongkahan es besar dan transparan dengan sisipan warna batu pirus (hijau) di beberapa bagian tengahnya, bertebaran di hampir seluruh permukaan danau yang memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan.


Aurora Borealis (Norwegia)

Aurora Borealis

(Courtesy of www.pinterest.com)

Aurora borealis (Cahaya kutub Utara) merupakan fenomena alam yang benar-benar sangat indah dan menakjubkan. Cahaya alami yang sangat indah itu terbentuk akibat tabrakan partikel bermuatan angin panas dengan plasma magnetosfer, terutama dalam bentuk elektron dan proton yang masuk ke atmosfer atas (termosfer/eksosfer), di mana energi mereka menghilang. Ionisasi yang dihasilkan dan eksitasi dari konstituen atmosfer memancarkan cahaya dengan berbagai warna yang kompleks.

Nah Sahabat Serba Ter, masih banyak lagi fenomena-fenomena alam yang sangat indah dan menakjubkan lainnya yang tidak dapat ditayangkan dalam artikel ini. Maka seyogyanyalah bila kita tetap dan terus semakin bersyukur atas segala rahmat dan anugrah yang tak pernah henti-hentinya dilimpahkan Tuhan YME kepada kita semua.

Demikian semoga dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

4 responses to "10 Fenomena alam terindah di dunia" ▼

  • subhanallah.. sungguh indah ciptaanMu

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Alhamdulillah, semuanya itu adalah tanda-tanda kebesaran Tuhan YME.

      Reply
  • Sangat menakjubkan atas keagungan Tuhan

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Segala puji syukur kehadiratNya ya Abah, thanks 🙂

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.