10 Burung termerdu di dunia

10Burungtermerdudunia

Sahabat Serba Ter yang budiman. Betapa sangat merdunya suara kicauan burung bila mereka sedang memamerkan kemampuannya dalam berkicau. Berbagai macam suara dan alunan yang membentuk ritme/irama lagu yang indah, sangat menyejukan hati pendengarnya, bak buluh perindu begitu kata orang-orang tua kita dahulu.
 
Pada umumnya, burung yang mempunyai kicauan paling merdu adalah jenis burung jantan. Mereka akan mengeluarkan suara kicauan merdunya untuk menarik perhatian pasangannya, dan burung betina akan memilih pasangan mereka dengan mendengarkan kicauan burung jantan dari kualitas dan kekuatannya.
 
Selain untuk memikat pasangannya, kicauan burung juga digunakan untuk berkomunikasi dengan burung-burung lainnya disamping untuk mempertahankan wilayahnya dari gangguan burung/binatang lainnya.

Burung-burung yang mampu mengeluarkan kicauan yang sangat merdu, biasanya akan memiliki harga yang sangat tinggi di pasar kolektor/penggemar/penyayang burung baik di dalam maupun di luar negeri.
 
Nah Sahabat Serba Ter, berikut ini beberapa jenis burung yang memiliki kicauan yang sangat merdu yang masuk dalam nominasi 10 Burung termerdu di dunia dimulai dari urutak ke 10, sebagai berikut :

CalyptorhynchusFunereus

10. Yellow-tailed Black Cockatoo(Calyptorhynchus funereus)

Yellow-tailed Black Cockatoo (Kakatua hitam ekor kuning), adalah jenis burung kakatua besar dengan bulunya yang hitam mencolok dengan garis/patch warna kuning yang khas pada ekornya. Burung ini pertama kali ditemukan di di hutan-hutan dan perkebunan benua Australia tenggara. Burung ini mampu mengeluarkan suara yang sangat keras dan nyaring untuk memanggil kelompok/koloninya hingga jarak yang sangat jauh. Penduduk Australia tenggara sangat akrab dengan suara panggian burung ini. Populasi burung Kakatua hitam ekor kuning ini semakin menurun seiring perubahan lingkungan, penebangan hutan dan penangkapan liar yang tidak bertanggung jawab.


PicaHudsonia

9. Black-billed Magpie(Pica hudsonia)

Black-billed Magpie (Murai Berparuh Hitam) yang dikenal juga sebagai Murai Amerika, merupakan burung yang termasuk dalam keluarga gagak dan berasal dari Amerika bagian barat. Burung ini dapat ditemukan di hampir seluruh belahan dunia dan lebih menyukai hidup di alam bebas yang penuh dengan rimbunan pepohonan. Di alam bebas, burung ini sering bekerja-sama yang saling menguntungkan (simbiose mutualistis) dengan binatang lainnya seperti kerbau dan sapi untuk mengambil kutu atau serangga lain diatas punggung mereka . Burung ini sering juga mencari makanannya yang berada di tanah seperti kumbang, belalang, cacing, dan tikus kecil. Suaranya yang nyaring serta kemampuannya menirukan kicauan burung-burung lainnya, merupakan ciri khas burung ini.


PasserDomesticus

8. House Sparrow(Passer domesticus)

House Sparrow (Pipit Rumahan), merupakan burung mungil yang sangat indah dan sangat akrab dengan kehidupan manusia. Burung ini mudah sekali ditemukan di mana saja baik di pedesaan maupun di perkotaan dengan kicauannya yang sangat merdu dan alamiah. Bila kita perhatikan, baik jantan maupun betinan dari burung ini, terlihat sering berkomunikasi dengan kicauan-kicauannya, kicauan sang jantan terdengar lebih nyaring dan merdu. Burung yang sangat protektif melindungi sarangnya ini, makanan utamanya adalah biji-bijian dan serangga.


ScythropsNovaehollandiae

7. Channel-billed Cuckoo(Scythrops novaehollandiae)

Channel-billed Cuckoo (Elang Berparuh Cabang), adalah spesies Elang dalam keluarga Cuculidae. Dengan lebar sayap hingga 1 meter burung ini merupakan burung parasit terbesar di dunia. Mereka dapat ditemukan di Australia Timur, Indonesia dan Papua Nugini. Selama musim semi merupakan musim burung ini bermigrasi ke Australia Timur untuk berkembang biak di daerah subtropis Australia. Dan pada saat itu mereka mengeluarkan suara yang sangat nyaring yang merupakan tanda kedatangan khas mereka dan dapat didengar hingga setengah kilometer jauhnya. Mereka akan bertelur di sarang burung lain, terutama di sarang burung gagak Australia. Telur-telur itu membutuhkan waktu tiga sampai empat minggu untuk menetas dan anak-anak mereka berbulu penuh. Burung ini kemudian akan kembali lagi ke New Guinea dan Indonesia di musim dingin berikutnya.


SongThrush

6. Song Thrush(Turdus philomelos)

Song Thrush (Murai berkicau) adalah burung yang sangat menarik dan pandai berkicau dengan sangat merdu. Burung ini dapat ditemukan di Asia, Eropa dan Afrika. Burung ini terkenal karena kicauan indah mereka yang memiliki berbagai macam notasi. Biasanya burung ini akan memiliki nama panggilan baru ketika mereka selesai melakukan kicauan merdu. Burung ini berkicau dari cabang-cabang pohon secara berpasangan dan mengulangi kicauannya tiga sampai empat kali. Burung ini memiliki panjang antara 8 hingga 9,5 inci dengan berat sampai 110 gram. Mereka tinggal di hutan dan taman-taman dengan pepohonan yang rimbun serta mereka akan melakukan perjalanan jarak jauh di setiap pergantian musim.


AmericanRobin

5. American Robin(Turdus migratorius)

American Robin (Murai Amerika) yang berasal dari Amerika Utara ini memiliki warna yang mencolok dengan kicauannya yang indah dengan alunan nada yang berbeda-beda. Mereka akan mengulangi beberapa bagian kicauannya tiga hingga empat kali di setiap tempat yang berbeda. Kicauan burung ini dapat berubah sesuai dengan musim dan waktu dimana kicauannya akan terdengar lebih jelas dan merdu saat fajar. Burung ini akan membuat siulan bagaikan alarm ketika mereka terancam dan mendapatkan gangguan. Mereka lebih menyukai untuk tinggal di dalam hutan pinus, daerah pegunungan, semak belukar dan hutan.


RosebreastedGrosbeak

4. Rose-breasted Grosbeak(Pheucticus ludovicianus)

Rose-breasted Grosbeak, memiliki kicauan yang sangat indah dan asli berasal dari Amerika Utara dan Kanada. Mereka pun memiliki bulu yang berwarna hitam terang dan putih dengan segitiga merah tua (ros) pada bagian dadanya. Baik jantan maupun betina, burung ini dapat berkicau dengan suara yang sangat merdu dengan beragam notasi dalam lingkungan yang berbeda. Burung jantan akan berkicau dari cabang-cabang pohon dan yang betina akan berkicau selama masa inkubasi dalam sarangnya. Burung ini akan berkembang biak di hutan-hutan Timur Laut Amerika dan di musim dingin mereka akan bermigrasi ke Amerika Tengah dan Selatan. Selama musim dingin mereka akan mencari makanan di kawasan berkumpulnya puluhan burung. Fragmentasi hutan merupakan salah satu penyebab menurunnya jumlah populasi burung yang menarik ini.


AsianKoel

3. Asian Koel(Eudynamys scolopaceus)

Asian Koel (Gagak Asia) banyak ditemukan di India, Bangladesh, Indonesia, Australia, Kepulauan Solomon dan Asia Tenggara. Burung ini sangat vokal dengan berbagai suara. Burung yang menghuni hutan-hutan tropis ini biasanya akan berkicau selama musim kawin, dari bulan Maret sampai bulan Agustus. Burung jantan akan berkicau untuk menandai wilayahnya dan menarik perhatian burung betina dengan kicauan keras untuk waktu yang cukup lama. Burung jantan memiliki warna hitam mengkilap-kebiruan sedang betinanya memiliki warna coklat dengan bintik-bintik putih di bagian atasnya. Burung ini pun termasuk burung parasit yang bertelur di sarang burung lainnya.


Canary

2. Canary(Canariae insulae)

Canary (Kenari) merupakan burung yang sangat terkenal di berbagai negara. Nama kenari (Canary) diambil dari nama sebuah pulau di Spanyol, pulau Canary (Canary island). Burung kenari telah dipelihara sejak berabad-abad yang lalu karena kicauannya yang sangat merdu. Burung kenari jantan memiliki kicauan yang lebih merdu daripada betinanya. Kicauan mereka memiliki pola dan gaya yang unik. Burung kenari sangat pintar menirukan suara-suara yang mereka dengar berulang kali. Pelatihan yang tepat dari pemiliknya, dapat membuat mereka semakin bervariasi dalam berkicau. Pembiakan keturunan antara Kenari roller dan Kenari Amerika akan menghasilkan kenari dengan kicauan yang luar biasa. Mereka memiliki kemampuan menirukan nada instrumen, notasi musik dan suara burung lainnya. Burung Kenari akan berkicau di semua musim kecuali musim panas. Bulu-bulu mereka sebagian besar akan rontok selama musim panas dan mereka berhenti berkicau pada waktu itu.


CommonNightingale

1. Common Nightingale(Luscinia megarhynchos)

Common Nightingale (Bulbul umum/biasa) merupakan burung yang memiliki kicauan yang termerdu dan terindah dibandingkan spesies burung lainnya. Kicauannya yang merdu dan indah itu sering dituangkan dalam banyak bentuk puisi, buku dan opera. Burung ini terdapat di Asia, Eropa, Afrika dan Mediterania. Bulbul yang berarti penyanyi malam akan berkicau selama musim kawin. Kicauan mereka yang merdu dan indah kaya akan notasi, untaian nada yang berbeda, vibrasi dan nyaring hingga memungkinkan kita dapat mendengarkan kicauan burung bulbul saat fajar dan pada malam hari dengan jelas. Burung bulbul lebih sering berkicau pada malam hari yang dapat didengar dari jarak yang cukup jauh dengan jelas. Burung jantan berkicau dalam waktu yang lama guna menarik perhatian burung betina. Kicauan sang jantan dewasa terdiri dari lebih 250 variasi suara. Burung bulbul hanya memiliki panjang antara 5,5 hingga 6,5 inci. Burung bulbul jantan maupun betina terlihat mirip, mereka memiliki warna bulu sayap cokelat polos, tenggorokan coklat-keputihan dan bulu dada coklat kemerahan. Pada saat musim dingin mereka bermigrasi ke Afrika untuk berkembang biak hingga musim semi tiba.

(Courtesy of www.youtube.com)

Demikian, semoga dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

6 responses to "10 Burung termerdu di dunia" ▼

  • Avatar Image
    omsam

    Muray Medan sama Lyrebird Australia kok gak masuk ya..?

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Mungkin karena data sumber (The Mysterious World dot Com) pada saat artikel ini ditulis (2015) Muray Medan dan Lyrebird Australia belum masuk sobat…!, Terima kasih πŸ™‚

      Reply
  • Jadi pengen pelihara burung kenari juga nih, lumayan dengerin suaranya pas lagi ngopi di pagi hari hehehe

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Memang asyik sob, pagi-pagi denger kicau kenari sambil ngupi…, mantabz dah!! πŸ™‚
      Thanks sob πŸ˜€

      Reply
  • burung favorit ane “burung kenari” top 2 ternyata,,, mantap emang canary om, merdu …ngeroll.. mantap deh ni burung….

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Bener sob, saya juga penggemar burung kenari. Suara merdunya itu, bikin hati adem (hehe) πŸ™‚
      Thanks kunjungan dan supportnya sobat. Sukses selalu πŸ˜€

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.