10 Batu permata termahal di dunia

BatuMulia

Sahabat Serba Ter yang berbahagia. Beberapa jenis batu perhiasan mulai dari Berlian, Rubi, Safir dan Zamrud masuk dalam katagori batu mulia atau batu permata yang sangat berharga, sedangkan sebagian besar jenis batu perhiasan lainnya seperti Kuarsa/Quartz, Mata Harimau/Tiger Eye, Akik dan lain-lainnya masuk dalam katagori batu semi mulia/batu semi permata.
 
Lalu mengapa bahwa Berlian, Rubi, Safir dan Zamrud begitu sangat berharga!?, karena semua batu-batu permata tersebut selain nilai yang dikandungnya (kekerasan, kristalisasi, kandungan mineral serta faktor usia) sangat tinggi, batu-batu permata itu pun sangat langka/sulit untuk ditemukan/didapatkan, sedangkan sebagian besar batu-batu yang masuk dalam katagori semi mulia relatif banyak/mudah ditemukan/didapatkan. Semakin langka/sulit batu permata didapatkan, maka batu-batu permata itu cenderung akan semakin mahal harganya.

Sahabat Serba Ter, apa sajakah nama-nama batu permata yang termasuk dalam katagori batu permata seperti yang dimaksudkan diatas, untuk itu marilah kita simak bersama penayangan 10 batu permata paling mahal di dunia yang diurutkan menurut kelangkaan dan harganya, dimulai dari urutan ke 10 sebagai berikut :

Blue Garnet

10. Blue Garnet

Ketika anda membayangkan batu permata bernama Garnet, anda mungkin hanya akan membayangkan sebuah batu permata dengan warna merah tua, padahal ada juga Garnet yang berwarna biru, tetapi batu permata tersebut sangat langka dan harganya dapat mencapai 1.500 dolar AS per karat. Pada umumnya warna biru hanya terlihat pada saat batu Garnet berubah warna, kadang berwarna biru, kadang berwarna merah-keunguan tergantung pada sudut pandang anda. Pertanyaannya, apakah ada batu Garnet yang warnanya tetap biru permanen!?, mungkin jawabannya, tidak!. Namun ada rumor yang mengatakan bahwa sesungguhnya batu Garnet yang seperti itu memang benar-benar ada, dan jika ya ada, maka batu Garnet tersebut tentu akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi.


Painite

9. Painite

Ini adalah batu permata lain dimana anda mungkin belum pernah mendengar, melihat dan mengetahui tentang batu ini, kecuali jika anda sudah membacanya pada Guinness Book of World Records yang mencatatnya sebagai batuan mineral terlangka di planet ini. Sebagai bagian dari batuan berbasis Boron, batu permata Painite benar-benar sangat langka dan pada tahun 2005 tercatat hanya ada 18 buah saja di seluruh dunia. Painite ini dihargai sekitar 1.800 dolar AS per karat dan mengingat saking langkanya batu permata Painite ini, kita hanya dapat melihat melalui fotonya saja.


Jeremejevite

8. Jeremejevite

Batu permata yang satu ini memiliki warna yang unik. Kadang berwarna putih, kadang tidak berwarna dan kadang biru atau kuning. Dan batu permata ini pertama kali ditemukan di Siberia oleh Pavel Vladimirovich Eremeev dan akhirnya dapat ditemukan juga di seluruh dunia, termasuk di Namibia, Jerman dan Tajikistan, namun batu permata ini tetap saja sangat langka. Itulah sebabnya batu permata Jeremejevite bisa mencapai harga sekitar 2.000 dolar AS per karat.


Red beryl

7. Red Beryl

Warna merah, bukan merupakan warna yang umum pada Berlian, begitupun pada batu permata Beryl, secara umum batu prmata ini memiliki warna antara warna biru dan hijau. Beryl sangat berkaitan dengan Aquamarine dan Zamrud. Beryl dapat tembus pandang dan memantulkan cahaya yang sangat indah, hingga sering disebut sebagai Red Beryl atau kadang-kadang disebut juga zamrud merah walaupun nama tersebut tidak sepenuhnya akurat. Red Beryl dapat mencapai harga sekitar 10.000 dolar AS per karat.


Alexandrite

6. Alexandrite

Batu permata Alexandrite dapat berubah-ubah warna seperti halnya Garnet, bahkan batu permata ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan Blue Garnet dengan warna biru tetap sekalipun. Harga Alexandrite ini bisa mencapai sekitar 10.000 dolar AS per karat. Permintaan kolektor batu permata akan Alexandrite ini semakin meningkat per tahunnya, hingga mengakibatkan harganya pun semakin meningkat saja. Alexandrite pada umumnya berwarna merah dan biru seperti pada Garnet hingga kadang-kadang keduanya terlihat sangat mirip.


Serendibite

5. Serendibite

Mungkin batu permata ini termasuk salah satu yang nama batu permata yang belum pernah Anda dengar/ketahui sebelumnya. batu permata Serendibite ini sangat mahal yaitu sekitar 18.000 dolar AS per karat. Hanya ada dua tempat yang pernah memproduksi Serendibite di dunia, satu di Sri Lanka dan yang lainnya di Burma. Warna Serendibite dapat bervariasi, mulai dari abu-biru ke biru-hijau dan ke kuning muda. Banyak juga yang berwarna hitam atau mungkin berwarna lembut atau bahkan tidak berwarna sama sekali.


Grandidierite

4. Grandidierite

Batu permata Grandidierite ini adalah termasuk salah satu batu permata yang paling langka/sulit ditemukan. Seperti halnya Painite, batu permata ini hanya ada dalam jumlah yang terbatas. Walaupun batu permata ini tidak selangka Painite (setidaknya ada sekitar beberapa ratus potong di dunia), namun harga batu permata ini memiliki harga yang lebih mahal dari Painite yaitu sekitar 20.000 dolar AS per karat. Grandidierite memiliki warna biru keabu-abuan.


Red diamonds

3. Red Diamonds

Apakah Anda pernah melihat Berlian berwarna merah?, mungkin jawabannya tidak, karena Berlian pada umumnya berwarna putih, kuning, atau coklat. Jika Anda menemukan Berlian berwarna merah, Anda mungkin telah menemukan batu permata yang termahal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Sepotong Berlian merah dapat dengan mudah dijual seharga 20.000 dolar AS per karat. Pada umumnya Berlian merah memiliki warna yang tidak benar-benar merah, namun bercampur warna keunguan. Dan bila Anda menemukan Berlian yang benar-benar berwarna merah, maka harga jualnya akan semakin tinggi.


Jadeite

2. Jadeite

Batu permata Jadeite diperkirakan merupakan batu permata yang paling berharga di dunia. Jenis batu permata ini dapat dijual dengan harga lebih dari 30.000 dolar AS per karat. Sebagai batu yang mengandung mineral piroksen, Jadeite dapat berwarna cerah, hijau tebal, rona Zamrud, biru, atau putih. Beberapa potongan Jadeite dapat menghasilakan beberapa warna yang berbeda. Jadeite dengan warna hijau terang adalah yang bernilai paling tinggi. Cobalah anda perhatikan baik-baik, ternyata Jadeite adalah sejenis batu Giok namun bukan dalam varietas yang umum (Nephrite). Jika Anda melihat batu Giok di tempat-tempat umum, itu hampir dipastikan Nephrite, bukan Jadeite.


Musgravite

1. Musgravite

Batu permata silikat ini pertama kali ditemukan di Musgrave, Australia, dan oleh karena itu batu permata ini diberi nama “Musgravite“. Kemudian batu permata ini pun berhasil ditemukan di Sri Lanka, Madagaskar dan di Greenland. Musgravite pada umumnya berwarna violet bercampur dengan warna keabu-abuan. Batu permata ini bisa terlihat berwarna terang atau gelap dan masih sangat langka/sulit untuk ditemukan. Perkiraan harga batu permata ini sekitar 35.000 dolar AS per karat.

Sebagai catatan : Harga-harga yang dikutip dalam artikel ini hanya merupakan perkiraan dan dapat berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi yang berbeda di setiap penjuru dunia.

Demikian, semoga dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Comment

Check to Confirm.