10 Barang antik termahal di dunia

Featured Image

Sahabat Serba Ter. Nilai keantikan suatu barang/benda buatan manusia, secara umum dapat dilihat dari beberapa faktor seperti, faktor usia yang sudah sangat lama/tua, faktor bahan dan tingkat kesulitan dalam pembuatan, faktor artistik dan estetika, faktor orisinalitas dan kelangkaan serta faktor pembuatnya itu sendiri.
 
Berbagai jenis barang antik dari berbagai pelosok dunia, memiliki keantikan yang sangat luar biasa hingga mendapat perhatian dan penghargaan dari para kolektor dan pemburu barang antik di dunia dengan memberikan nilai harga yang sangat tinggi untuk dapat memilikinya. Para kolektor yang bersaing dalam sebuah pelelangan barang antik yang dilakukan oleh badan lelang dunia, berani untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk dapat membeli dan menjadikan salah satu barang antik koleksinya.
 
Beberapa badan/kantor penyelanggara lelang dunia antara lain, Sotheby yang berkantor pusat di New York, Amerika, Christy yang berkantor pusat di London, Inggris dan badan-badan lelang dunia lainnya, telah berhasil melelang dan menjual barang-barang antik dengan harga yang sangat fantastis.

Sahabat Serba Ter, berikut ini tayangan 10 Barang antik termahal di dunia, dimulai dari urutan ke 10 :

10. Mangkuk Sup Kerajaan – Thomas Germain  (10,6 juta USD)

Post Image

(Courtesy of www.billionairesnewswire.com)

Mangkuk Sup Kerajaan Thomas Germain atau Germain Royal Soup Tureen, adalah sebuah mangkuk sup milik Raja Perancis, Louis XV yang memerintah pada awal abad ke 18. Mangkuk seberat 14 kg yang terbuat dari perak ini adalah mahakarya seorang ahli perak asal Perancis saat itu, Thomas Germain, yang dibuat pada tahun 1733. Manguk antik ini dilelang oleh badan lelang Sotheby pada tahun 1996 dan terjual dengan harga 10,6 juta USD kepada pembeli yang dirahasiakan.


9. Meja Sekretaris Antik  (12,4 juta USD)

Post Image

(Courtesy of www.sothebys.com)

Meja Sekretaris Antik, adalah sebuah meja kabinet yang dibuat oleh keluarga ahli furnitur Amerika, Goddard & Townsend Families pada sekitar tahun 1760. Meja sekretaris antik yang terbuat dari kayu mahoni setinggi meja-rak buku ini, merupakan furnitur Amerika termahal yang pernah dilelang dan terjual dengan harga 12,4 juta USD kepada Brown Family pada tahun 1989, melalui badan lelang Christie di New York.


8. Naskah folio bergambar dari Persia  (12,5 juta USD)

Post Image

(Courtesy of p6.storage.canalblog.com)

Naskah folio bergambar dari Persia, adalah salah satu contoh terbaik dari keahlian seni Islam, dalam bentuk sebuah naskah folio bergambar yang dibuat khusus untuk Shah dari Persia sekitar tahun 1500. Naskah bergambar yang dibuat dengan cat air ini, telah diakui sebagai naskah bergambar yang terbesar dalam bidang kebudayaan dan sastra serta dianggap salah satu karya seni terbaik di dunia. Barang antik yang menggambarkan adegan epik nasional Persia ini, dilelang dan terjual dengan harga 12,5 juta USD melalui badan lelang Sotheby di London pada tahun 2011 dan merupakan karya seni Islam termahal yang pernah dilelang dan dijual.


7. Mahkota bertakhtakan Jamrud dan Berlian  (12,7 juta USD)

Post Image

(Courtesy of in2.ccio.co)

Mahkota bertakhtakan Jamrud dan Berlian ini adalah sebuah mahkota/tiara kebanggaan yang dikenakan para ratu dari sebuah kerajaan pada jaman dahulu. Mahkota ini awalnya adalah milik seorang pangeran Jerman, Guido Henckel von Donnersmarck, yang diberikan kepada istrinya, Katharina. Namun kemudian dihadiahkan kepada Permaisuri Kaisar Napoleon III dari Perancis. Mahkota yang dibuat pada sekitar tahun 1900 ini, bertahtakan 11 butir batu permata zamrud yang sangat langka dari Kolumbia yang berbentuk buah pir dan ditaksir lebih dari 500 karat. Barang antik dan langka ini terjual kepada seorang pembeli yang dirahasiakan seharga 12,7 juta USD melalui badan lelang Sotheby di Jenewa pada tahun 2011.


6. Bokor Emas tiga kaki – Dinasti Ming  (15 juta USD)

Post Image

(Courtesy of www.alux.com)

Bokor Emas tiga kaki, adalah salah satu artefak Cina dari jaman Dinasti Ming yang berkuasa pada tahun 1368 hingga tahun 1644. Bokor emas 18 karat yang dibuat pada jaman Kaisar Xuande ini, berhiaskan mutiara alami, rubi, safir, permata cabochon, cat’s eye chrysoberyl dan pirus serta taburan permata yang berbentuk 2 ekor naga. Bokor antik yang juga merupakan salah satu dari 8 bokor yang masih ada dari jaman Dinasti Ming ini terjual dengan harga 15 juta USD melalui badan lelang Sotheby di Hongkong pada tahun 2008 dan merupakan salah satu barang antik Cina termahal yang pernah dilelang dan dijual.


5. Guci Porselen – Dinasti Qianlong  (16,5 juta USD)

Post Image

(Courtesy of s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Guci Porselen antik ini berasal dari jaman Dinasti Qianlong dengan 6 tanda karakter Qianlong di sekelilingnya. Walaupun memiliki bentuk dengan karakteristik gaya abad ke 19, namun Guci antik dan indah ini dibuat antara tahun 1736 dan 1795 dari bahan porselen dengan kombinasi tatawarna yang luar biasa yang menampilkan dua ekor burung phoenix dan bunga dengan kilauan mutiara dalam lapisan warna merah muda serta kaligrafi bentuk ranting dan daun berwarna biru. Ditemukan Guci dengan bentuk yang sama persis di Art Museum Matsuoka, Tokyo, yang diyakini bahwa Guci tersebut merupakan pasangan pada awalnya. Guci antik ini terjual dengan harga 16,5 juta USD melalui badan lelang Christie di Hong Kong pada tahun 2010.


4. Terompet Olyphant  (17 juta USD)

Post Image

(Courtesy of www.alux.com)

Barang antik yang bernama Olyphant ini adalah sebuah terompet pertempuran yang digunakan pada saat memulai pertempuran di jaman dahulu. Terompet Olyphant secara tradisional merupakan buatan tangan dari bahan gading gajah yang diukir dengan motif yang indah. Barang antik yang dibuat sekitar abad ke 11 di Skandinavia ini merupakan barang antik yang sangat langka, dan salah satu dari enam Terompet Olyphant antik yang ada di dunia. Barang antik ini terjual dengan harga 17 juta USD melalui lelang di Skandinavia dan merupakan harga tertinggi untuk sebuah barang antik yang pernah dilelang dan dijual, serta merupakan harga tertinggi kedua untuk sebuah karya seni.


3. Codex Leicester – Leonardo da Vinci  (30,8 juta juta USD)

Post Image

(Courtesy of www.abebooks.com)

Codex Leicester, adalah sebuah dokumen yang berisi koleksi naskah/manuscript ilmiah yang sangat terkenal yang ditulis oleh Leonardo da Vinci antara tahun 1504 hingga tahun 1508. Naskah ilmiah ini adalah sebuah ilustrasi yang luar biasa dari hubungan antara seni dan ilmu pengetahuan dengan kreativitas dari proses ilmiah yang merupakan campuran pengamatan dan teori da Vinci tentang astronomi, sifat-sifat air, batuan, dan fosil, udara, serta cahaya angkasa. Codex Leicester terjual seharga 30,8 juta USD melalui badan lelang Christy di New York pada tahun 1994 kepada Bill Gates sang bos Microsoft.


2. Lemari Badminton  (32 juta USD)

Post Image

(Courtesy of majikthise.typepad.com)

Badminton Cabinet atau Lemari Bulutangkis (entah mengapa barang antik ini diberi nama demikian), adalah salah satu furnitur Perancis terbaik yang pernah dibuat. Lemari antik setinggi 3,6 meter ini dan dibuat di jaman Duke of Beaufort III pada abad ke 18 dan memerelukan 30 orang pengrajin untuk mengerjakannya dengan waktu pengerjaan selama 6 tahun. Lemari antik ini terbuat dari bahan kayu hitam dengan dihiasi aneka batu berwarna yang dipoles, permata semi mulia, kristal amethyst dan Lapis Lazuli serta sebuah jam di bagian atasnya dengan merek Fleurs de Lys. Lemari antik ini terjual dengan harga 32 juta USD melalui badan lelang Christy di Inggris pada tahun 2004 yang merupakan barang anti termahal yang pernah dilelang dan dijual.


1. Vas Dinasti Qing  (81 juta USD)

Post Image

(Courtesy of resources2.news.com.au)

Vas atau Pot yang dibuat pada jaman Dinasti Qing (Cina) pada abad ke 18 ini, awalnya ditemukan oleh Gene Johnson di Pinner, sebuah kawasan makmur di London Borough of Harrow, laut London, Inggris. Pada saat itu, vas antik ini dianggap hanya sebuah replika yang sempurna. Namun setelah dilakukan penelitian oleh para ahli benda antik, ternyata vas antik tersebut benar-benar asli yang dipastikan dibuat di Cina sekitar tahun 1740 tepatnya di jaman Dinasti Qing. Vas yang sangat indah dan dihiasi dengan kombinasi warna emas, biru langit, dan warna pastel kuning ini terjual dengan harga yang sangat fantastis yaitu sebesar 81 juta USD melalui badan lelang Bainbridges Ruislip di Middlesex, AS, pada tahun 2010 dan merupakan rekor baru untuk artefak Cina sebagai barang antik termahal yang pernah dilelang dan dijual.

Demikian semoga dapat bermanfaat.

Sumber :

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

7 responses to "10 Barang antik termahal di dunia" ▼

  • Avatar Image
    Denjy Amin

    Saya memiliki satu BOKOR TEMBAGA BERASAL DARI NEGARA CHINA DAN DI PERCAYAI DIBUAT SEMASA KURUN KE 14.KEPADA YANG BERMINAT UNTUK MEMBELI NYA BOLEHLAH SMS@CALL@WHATSAPP SAYA DI TALIAN +601131254812

    Reply
  • Avatar Image
    kornel dasing

    Saya punya piring antik dinasti ming. Saya mau maharkan yang berminat hubungi WA 081237586987 dan saya kirim fotonya

    Reply
  • Avatar Image
    Harry Salim

    Saya punya sebuah barang antik yang tidak tahu apa itu Barang nya bisa dilihat di Youtube link : [www.youtube.com/watch?v/FoMDVaM_zzM&t=41s] Bila ada yang tahu share yah, tx

    Reply
  • karena lampu aladin masih belum ketemu kali abah jadi tidak termasuk hehe

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Mungkin karena lampu aladin hanya merupakan legenda ya sobat, jadi sulit diketemukan. Thanks 🙂

      Reply
  • keren banget pstingannya, tp napa kok lampu aladin gak termasuk juga yah

    Reply
    • Avatar Image
      SerbaTer.Com

      Terima kasih supportnya Abah…, mungkin lampu Aladdin masih berupa legenda ya (hehe) 🙂

      Reply

Leave a Comment

Check to Confirm.